nusabali

Promosikan Bali, Perkenalkan Konsep Tri Hita Karana

  • www.nusabali.com-promosikan-bali-perkenalkan-konsep-tri-hita-karana
  • www.nusabali.com-promosikan-bali-perkenalkan-konsep-tri-hita-karana

DENPASAR, NusaBali - Kalangan manajemen hotel mengajak wisatawan menerapkan konsep Tri Hita Karana dalam kehidupan sehari-hati.

Seperti yang dilakukan Swarga Suites Bali Berawa, di Jalan Pemelisan Agung, Desa Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, yang mengajak para wisatawan mengikuti kegiatan kerja bakti bersih-bersih pantai, sekaligus melepas tukik di Pantai Berawa, Desa Tibubeneng, Jumat (1/9).

“Tri Hita Karana berarti tiga penyebab kebahagiaan,” ujar General Manager Swarga Suites Bali Berawa, Gede Bimbi Sanjaya, di sela-sela puncak anniversary ke-7 hotel tersebut, Jumat (1/9).

Bimbi Sanjaya mengatakan, konsep Tri Hita Karana meliputi hubungan yang harmonis dengan Tuhan, dengan manusia dan dengan alam lingkungan. Dalam upaya melaksanakan konsep Tri Hita Karana, pihaknya mengajak para wisatawan mengikuti kegiatan kerja bakti bersih-bersih pantai, sekaligus melepas tukik sebelum pemotongan tumpeng oleh Dirut Swarga Suites Bali Berawa Angkola Ogessardo Siregar.

“Kerja bakti bersih-bersih pantai dan pelepasan tukik merupakan bagian dari usaha menjaga keseimbangan ekosistem laut (lingkungan), penerapan Tri Hita Karana,” ujar Bimbi Sanjaya sembari menyebut kegiatan melepas tukik juga diikuti wisatawan anak-anak.

Bimbi Sanjaya menambahkan, sebelumnya kegiatan kerja bakti bersih-bersih pantai serta pelekasan tukit, sebelumnya telah dilaksanakan tirta yatra dengan berkunjung ke panti asuhan. “Ini juga merupakan implementasi konsep Tri Hita Karana,” kata dia.

Disinggung soal tingkat hunian, Bimbi Sanjaya menyatakan di atas angka 90 persen. Dari 90 persen tersebut, 70 persen wisatawan mancanegara (wisman) dan 30 persen wisatawan domestik (wisdom). Untuk wisman sementara masih didominasi wisman asal Australia dan Eropa. Sementara length of stay wisatawan rata-rata 3 hari. 7 k17

Komentar