nusabali

Eko Yuli Berambisi Rebut Emas Olimpiade Paris 2024

  • www.nusabali.com-eko-yuli-berambisi-rebut-emas-olimpiade-paris-2024

JAKARTA, NusaBali - Atlet angkat besi Indonesia Eko Yuli Irawan (34 tahun) mengakui dirinya sangat berambisi merebut medali emas di Olimpiade Paris 2024. Namun atlet kelahiran Lampung itu untuk saat ini lebih memilih fokus lebih dulu agar lolos dari kualifikasi.

Ya, Olimpiade Paris 2024 berlangsung pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Paris sebagai kota tuan rumah utamanya dan 16 kota yang tersebar di Prancis metropolitan serta satu di Tahiti.

Eko Yuli  di usia yang tak muda lagi untuk ukuran lifter, itu baru saja memecahkan rekor medali emas SEA Games 2023 dan merebut medali perak Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022. Saat ditanya targetnya di Olimpiade Paris 2024, Eko Yuli awalnya tidak ingin membocorkannya. Sebab, dia memilih fokus lolos dari kualifikasi yang masih ada tiga tahapan.

"Yang pasti fokus tahap kualifikasi, cari tiket lolosnya dulu karena masih kejar-kejaran terus. Mudah-mudahan beberapa bulan ke depan sudah memastikan kelolosan. Setelah lolos, baru menargetkan apa. Masih ada tiga tahapan kualifikasi lagi," kata Eko Yuli Irawan kepada OkeSport.

Di sisi lain, Eko Yuli tak menampik bahwa dirinya sangat berambisi meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024. Namun, dia belum dapat memastikan keinginannya itu akan tercapai atau tidak karena tergantung persiapannya seperti apa.

"Semua pasti berharap ke sana. Pada kenyataannya kan persiapan kita seperti apa jelang kompetisi, itu perlu dilihat ke depan. Untuk jauh-jauh hari ini kita belum bisa menargetkan," kata Eko Yuli Irawan.

Eko Yuli adalah atlet angkat besi veteran Indonesia yang berkompetisi di kategori 62 kg hingga 2018. Kemudian di kategori 61 kg mulai 2018 setelah Federasi Angkat Besi Internasional menata ulang kategori tersebut.

Eko Yuli pernah merebut sejumlah gelar juara di antaranya emas SEA Games berturut-turut (2019, 2021, dan 2023) hingga emas Asian Games 2018. Selain itu, dia beberapa kali menyumbang medali Olimpiade untuk Indonesia.

Bahkan, Eko Yuli menjadi atlet tersering dalam mempersembahkan medali untuk Indonesia di Olimpiade. Total, dia meraih empat medali Olimpiade yakni dua perak dan dua perunggu dari cabang angkat besi. Terakhir, Eko Yuli merebut medali perak di Olimpiade Tokyo 2020. **

Komentar