nusabali

Lifter Rizky Juniansyah Lolos ke Olimpiade Paris

  • www.nusabali.com-lifter-rizky-juniansyah-lolos-ke-olimpiade-paris

JAKARTA, NusaBali - Setelah lifter Eko Yuli Irawan, cabang olahraga angkat besi menambah satu atlet lagi lolos ke Olimpiade 2024 Paris. Yakni, atas nama lifter Rizky Juniansyah di kelas 73 kg, merebut dua medali emas dan satu perak dalam IWF World Cup di Phuket, Thailand, Kamis (4/4).

Medali emas berasal dari angkatan clen and jerk 201 kg dan total angkatan 365 kg. Sedangkan perak dari angkatan snatch 164 kg. Catatan itu sekaligus memastikan Rizky menjadi wakil Indonesia di kelas 73 kg putra di Olimpiade Paris 2024.

Rizky pun, menjadi atlet kesembilan yang memastikan lolos ke Olimpiade 2024 Paris. Rizky sendiri saat bertanding di IWF World Cup bersaing dengan atlet Indonesia lainnya, Rahmat Erwin Abdullah. Rahmat mendapatkan satu perak melalui angkatan clean and jerk 195 kg. Lalu dua perunggu lewat angkatan snatch 160 kg dan total angkatan 355 kg.

“Persaingan yang sangat ketat dan luar biasa ditunjukkan kedua lifter terbaik Indonesia di kompetisi level dunia. Tentu kita sangat bangga. Siapapun yang lolos tentu sama-sama mewakili Indonesia dan punya tugas untuk menjaga Merah Putih di Paris 2024 nanti,” kata Ketum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari, Jumat (5/4).

Pria yang biasa disapa Okto itu pun mengucapkan selamat kepada Rizky. “Selamat untuk Rizky sudah bisa menunjukkan kelasnya. Jangan terlena dan peak performancenya dijaga sampai di Paris. Untuk Erwin, ini olahraga dimana semua hal bisa terjadi. Tetap semangat, perjuangan belum berakhir di sini, Los Angeles 2028 sudah terlihat begitu dekat,” ucap Okto.

Sementara Pelatih Timnas Angkat Besi Dirja Wihardja menjelaskan, Rizky mampu mengalahkan Rahmat Erwin baik dari snatch, clean and jerk maupun total angkatan. Selain itu, hasil di Phuket juga membuat Rizky berhasil membuat catatan rekor dunia baru untuk angkatan total yang sebelumnnya diraih Rahmat Erwin lewat 363 kg di Kejuaraan Dunia Angkat Besi di Tashkent, Uzbekistan.

“Aturan Olimpiade itu, satu kelas hanya boleh diisi oleh satu atlet dari satu negara yang diambil dari yang terbaik di total angkatannya dan itu Rizky. Di olahraga ada menang dan kalah, siapa yang terbaik dia yang dapat (tiket). Rizky memang punya target kalau mau lolos harus bisa mengalahkan Rahmat, strategi sudah berjalan sejak latihan,” jelas Dirja.

Di sisi lain, Rizky mengaku tidak menyangka bisa lolos ke Olimpiade 2024 Paris mewakili Indonesia. Terlebih ia mengaku sempat vakum latihan selama lima bulan pasca operasi. 

“Alhamdulillah tidak menyangka bisa sesenang ini. Semua karena kuasa Allah. Perjuangan di latihan dan setelah operasi usus buntu tidak latihan 5 bulan bisa fight di sini, pecah rekor,” kata Rizky.

Rizky menyatakan, awalnya dia ingin melepas pertandingan itu. “Saya tadi mau lepas saja, fokus tujuannya apa. Saya angkat juga dibawa happy saja, apalagi ini kan kualifikasi terakhir. Jadi, habis-habisan,” papar Rizky.
  
Keberhasilan Rizky membuat Indonesia sampai saat ini meloloskan sembilan atlet ke Olimpiade 2024 Paris. Delapan atlet lainnya adalah Eko Yuli Irawan di angkat besi. Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa di panahan. Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rahmad Adi Mulyono dari panjat tebing, Rifda Irfanaluthfi dari senam artistik, Fathur Gustafian dari cabor menembak, dan Rio Waida di surfing. k22

Komentar