nusabali

Garuda Muda Belum Sempurna

Indonesia vs Vietnam di Final Piala AFF U-23, Malam Ini

  • www.nusabali.com-garuda-muda-belum-sempurna

JAKARTA, NusaBali - Timnas Indonesia U-23 melaju ke final Piala AFF U-23. Pelatih Shin Tae-yong (STY) senang, tapi dia menyebutkan Garuda Muda belum sempurna. Meski demikian, Ketua PSSI Erick Thohir berharap Timnas U-23 terus tancap gas saat menghadapi Vietnam di final Piala AFF U-23 2023.

Ya, Timnas U-23 mengalahkan Thailand 3-1, pada laga semifinal Piala AFF U-23, di Rayong Provincial Stadium, Kamis (24/8) malam WITA. Selanjutnya, duel final Indonesia vs Vietnam juga akan tersaji di Rayong Provincial Stadium, Rayong, Sabtu (26/8) mala mini, pukul 21.00 WITA. 

Timnas U-23 pun berpeluang meraih gelar Piala AFF U-23 untuk kali kedua. Juga STY pun di ambang gelar pertamanya untuk Skuad Garuda.

Meski begitu, STY meminta Garuda Muda tidak berpuas diri. Penampilan Ramadhan Sananta dkk, disebutnya belum sempurna. Terutama, saat Thailand mampu mencetak gol dari situasi tendangan sudut. Itulah yang dirasa Shin menjadi kekurangan timnya dalam mengantisipasi bola mati.

"Tentunya itu satu kesalahan. Selama pertandingan, kami tidak bisa bermain secara sempurna, tapi kami akan terus berusaha memperbaiki penampilan. Kami juga akan berusaha meminimalisir kesalahan seperti itu," kata STY, dalam rilis PSSI.
STY pun harus memutar otak untuk meracik susunan pemain terbaik di final Piala AFF U-23 nanti. Ada faktor kelelahan dan cedera, tapi STY menegaskan siapa saja yang akan tampil bakal bermain antusias. 
"Kami punya pilihan pemain yang terbatas. Tapi tetap para pemain yang bisa tampil, mereka sangat antusias untuk menjuarai turnamen ini," kata pelatih asal Korea Selatan itu.
Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memuji perjuangan pemain Timnas U-23 yang sukses membungkam Thailand 3-1. Erick Thohir pun berharap Timnas U-23 terus tancap gas saat menghadapi Vietnam di final Piala AFF U-23 2023.

"Para pemain tampil habis-habisan dengan kualitas teknis dan mental yang baik. Terbukti Thailand yang selama ini sulit kita taklukkan, dua kali beruntun kita kalahkan," ujar Erick.

"Masih ada 90 menit plus perpanjangan jika imbang melawan Vietnam. Jadi kita akan terus berjuang hingga akhir," kata Erick, di situs resmi PSSI.

Kini di final menghadapi Vietnam U-23, Timnas U-23 diprediksi akan menjalani duel sengit dan bekerja keras merengkuh kemenangan. Dari tujuh pertemuan terakhir, Tim Garuda Muda menelan lima kekalahan, sekali imbang, dan hanya sekali menang.

Satu-satunya hasil positif Timnas U-23 atas Vietnam terjadi pada 19 November 2011. Dalam duel semifinal SEA Games 2011 di Stadion Utama Gelora Bung Karno tersebut, Tim Garuda Muda menang 2-0.

Dalam laga final nanti, Timnas U-23 terancam tanpa sang kapten, Bagas Kaffa. Bek Barito Putera itu diragukan tampil dalam laga final, karena belum pulih dari cedera.
"Saya tidak tahu kapan dia akan pulih, tapi mungkin dia tidak akan bisa berpartisipasi di final," kata STY.

Selain Bagas Kaffa, Tim Garuda Muda juga tak bisa memainkan Irfan Jauhari, yang diragukan dalam kondisi bugar menghadapi Vietnam, karena masih dalam pemulihan cedera. Winger Persis Solo tersebut dibekap cedera pada laga perdana Grup B, lawan Malaysia. *

Prakiraan Susunan Pemain :
Vietnam U-23 (3-4-1-2): Van Chuan Quan; Ngoc Thang Nguyen, Duy Cuong Luong, Nam Hai Tran; Duc Viet Nguyen, Hoang Minh Khoa Vo, Dinh Duy Pham, Van Khang Khuat; Xuan Tien Dinh; Minh Quang Nguyen, Quoc Viet Nguyen. Pelatih: Anh Tuan Hoang.

Indonesia U-23 (4-2-3-1): Ernando Ari; Robi Darwis, Muhammad Ferarri, Alfeandra Dewangga, Haykal Alhafiz; Rifky Dwi, Arkhan Fikri; Jeam Kelly Sroyer, Beckham Putra, Frengky Missa; Ramadhan Sananta. Pelatih: Shin Tae-yong.

Road to Final Vietnam 
24/08/23 Malaysia 1 - 4 Vietnam
22/08/23 Vietnam 1 - 0 Filipina
20/08/23 Laos 1 - 4 Vietnam

Road to Final Indonesia 
24/08/23 Thailand 1 - 3 Indonesia
20/08/23 Indonesia 1 - 0 Timor-Leste
18/08/23 Malaysia 2 - 1 Indonesia

Komentar