nusabali

Rai Wahyuni Sanjaya Hadiri Pameran IKM Bali Bangkit Tahap 7

Wujud Dukungan kepada Pelaku IKM

  • www.nusabali.com-rai-wahyuni-sanjaya-hadiri-pameran-ikm-bali-bangkit-tahap-7

TABANAN, NusaBali - Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya secara konsisten dan antusias menyatakan dukungannya dalam rangkaian Pameran Bali Bangkit tahap 7, yang pembukaannya berlangsung di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Provinsi Bali. Rabu (23/8).

Pameran ini dirancang bagian dari mempromosikan kerajinan dan industri lokal, IKM yang ada di Provinsi Bali secara keseluruhan. Diinisiasi langsung oleh pemrakarsa program, yakni Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Putri Suastini Koster, Dekranasra sebagai organisasi yang menjadi sayap pemerintah dan terus bergerak mengedukasi para perajin dan masyarakat tentang perkembangan dan pelestarian seni budaya serta produk-produk kerajinan lokal Bali ini, telah sukses menggelar beragam pameran yang membangkitkan potensi kerajinan masyarakat Bali sejak masa pandemi Covid-19.  Salah satunya melalui program IKM bali Bangkit yang memasuki tahap ke-7 tahun 2023.
 
Tampak menghadiri dan memberi dukungan langsung pada pembukaan saat itu, Gubernur Bali Wayan Koster, Ketua GOW, Ketua DWP, Organisasi Wanita di Provinsi Bali, para kepala OPD terkait di lingkungan Provinsi Bali, Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se-Bali beserta anggota. Serta para desainer-desainer kebanggaan provinsi Bali. 

Pembukaan pameran yang bekerjasama dengan Bank BPD Bali dan platform online Balimall.id saat itu dirangkaikan dengan penampilan fashion show dari beberapa instansi di Bali.  Tak hanya serius menggencarkan pelestarian tenun dan endek Bali, di kesempatan itu, Putri Koster juga turut mempopulerkan rancangan busana berbahan kain pantai beragam motif, yang dilukis tangan oleh para seniman lokal Bali. 

Dengan mengajak para undangan mengenakan busana pilihan tersebut, pihaknya meyakini penggunaan rancangan handmade atau buatan tangan ini, dapat menambah koleksi budaya sekaligus lestarinya torehan seni di Bali agar semakin populer di mata dunia.  

Telah berjalan selama 6 tahap di tahun 2023 dan sudah digencarkan sejak tahun-tahun sebelumnya, pameran yang mampu meraih omzet miliaran rupiah ini menjadi dongkrak majunya perekonomian para perajin lokal Bali. “Tugas dari Dekranasda sesungguhnya adalah sebagai dewan kerajinan. Jadi melihat juga ke tugas-tugas dari Dewan Perwakilan Rakyat, di mana fungsi dan aksi kontrolnya harus kuat. Mengontrol situasi, kondisi sehingga apa yang dilakukan oleh para IKM dan konsumen di Bali bersama-sama berjalan dalam satu langkah, yaitu menjaga kerajinan yang diwariskan oleh leluhur kita," jelas Putri Koster. 

Efektivitas penyelenggaraan pameran Bali Bangkit yang terbukti mampu meningkatkan perekonomian rakyat, tentunya mendapat dukungan yang sangat baik dari berbagai pihak, terutama dari ketua Dekranasda Kabupaten Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya yang sejak diadakan pameran, secara konsisten terus menunjukkan partisipasi. 

“Kami selaku Dekranasda Tabanan, tentunya akan terus menunjukkan dukungan dan berpartisipasi dalam program-program yang diselenggarakan provinsi, tidak hanya terhadap pameran Bali Bangkit, tapi juga program lainnya yang melibatkan partisipasi IKM lokal, tak ketinggalan juga yang bersifat aksi sosial," ujarnya. 

Dia pun menilai dari pameran Bali Bangkit yang sudah terselenggara sejak masa pandemi ini, secara efisien dan efektif mampu meningkatkan perekonomian rakyat lewat keunggulan kerajinan lokal, serta mampu memperkenalkan seni budaya Bali ke kancah nasional dan internasional. "Kami sangat mengapresiasi dan mendukung terobosan dari Ibu Putri Koster," tandas Bunda Rai. @des 

Komentar