nusabali

800 Angler Ramaikan Lomba Mancing

  • www.nusabali.com-800-angler-ramaikan-lomba-mancing

NEGARA, NusaBali - Serangkaian perayaan HUT ke-128 Kota Negara, Pemkab Jembrana menggelar lomba mancing di kolam Gedung Kesenian DR Ir Soekarno atau Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) Jembrana, Rabu (23/8). Kegiatan lomba ini pun disambut antusias para angler atau penghobi mancing.

Dari catatan panitia, ada sekitar 800 peserta yang mengikuti lomba mancing ini. Lomba mancing ini berlangsung selama 3 jam mulai pukul 08.00 Wita hingga pukul 11.00 Wita. Perlombaan dibuka langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba, ditandai dengan simbolis pelepasan ikan lele dan ikan nila. Hampir setiap sisi kolam GKBK Jembrana tampak dipenuhi pemancing. Mereka menggunakan berbagai umpan untuk mengail target lele dan nila dalam lomba mancing ini. Ada yang berusaha menggunakan umpan pelet, cacing, roti, dan berbagai umpan lainya. 

Kepala Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perikanan (PKP) Jembrana I Ketut Wardana Naya menjelaskan, lomba mancing ini diikuti sekitar 800 peserta. Dalam mengadakan lomba mancing, ada ratusan ekor ikan lele dan ikan nila yang ditebar panitia di kolam Gedung Kesenian DR Ir Soekarno, Jembrana. "Ikan yang ditebar cukup banyak. Total berat lele dan nila yang kita tebar ada sekitar 1 kwintal (100 kilogram)," ucapnya. 

Wardana Naya menjelaskan, panitia telah menyediakan dua kategori hadiah dalam lomba ini. Kategori pertama, ada hadiah door prize bagi pemancing yang berhasil menemukan ikan yang diberikan tanda khusus. Kemudian kategori kedua, dengan menimbang berat ikan yang ditangkap. "Bagi pemancing yang mendapatkan ikan terberat peringkat I, II dan III akan diberikan hadiah uang dan tropi. Hadiah Juara I Rp 2 juta, Juara II Rp 1,5 juta, dan Juara III Rp 1 juta," ujarnya. 

Sementara Bupati Tamba mengatakan, kegiatan lomba mancing ini merupakan serangkaian perayaan HUT ke-128 Kota Negara. Lomba mancing ini, diketahui menjadi salah satu kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat, khususnya penghobi mancing. "Kita tahu banyak sekali komunitas mancing di Kabupaten Jembrana. Jadi dengan adanya kegiatan ini bisa memfasilitasi hobi mereka. Kita duduk bersama, ngobrol dan diskusi bersama terkait Kabupaten Jembrana sambil mancing," ucapnya.7ode

Komentar