nusabali

Implementasikan Transaksi Cerdas, Bank BPD Bali Dukung Kegiatan Pekan QRIS Nasional 2023

  • www.nusabali.com-implementasikan-transaksi-cerdas-bank-bpd-bali-dukung-kegiatan-pekan-qris-nasional-2023

DENPASAR, NusaBali - Pekan QRIS Nasional 2023 yang diinisiasi oleh Bank Indonesia dengan tema "Harmoni Kemerdekaan, Gebyar QRIS Merah Putih" di Living World Denpasar mulai dari 14 – 20 Agustus 2023 menjadi momentum bagi Bank BPD Bali untuk menggaungkan edukasi serta mendorong ekspansi penggunaan Quick Response Code Indonesia (QRIS) di masyarakat.

Stan yang dibuka Bank BPD Bali dalam acara tersebut juga sebagai wadah penyaluran edukasi efektif mengenai bertransaksi non tunai berbasis digital beserta berbagai acara menarik, seperti Talkshow & Showcase, QRIS Street Food, serta Festival Musik yang dapat disaksikan oleh masyarakat umum secara gratis.

Pada saat penutupan acara, kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Bali, Prof. Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha ArdanaSukawati, M.Si., Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, R. Erwin Soeriadimadja,  Direktur Operasional Bank BPD Bali, Ida Bagus Gede Setia Yasa, S.Kom, M.M dan Direktur Bisnis Bank BPD Bali, I Nyoman Sumanaya, S.E., M.M.

Secara umum telah disadari, digitalisasi secara substansial akan membuka berbagai peluang dalam perekonomian serta mendorong pertumbuhan yang lebih inklusif dan berkelanjutan melalui inovasi, efisiensi dan peningkatan akses pelayanan keuangan.

Melalui gambaran itu, Bank BPD Bali menonjolkan salah satu inovasi teranyar melalui Launching QRIS Komunitas yang secara khusus menggandeng pedagang lumpia di wilayah Sanur. Seperti diketahui, Bali yang sudah terpatri memiliki citra sebagai tujuan wisata favorit dunia, secara tidak langsung hal tersebut mampu meningkatkan peluang bagi pedagang – pedagang kecil di wilayah pariwisata, termasuk daerah Sanur.

Pangsa pasar ini menjadi peluang tersendiri bagi Bank BPD Bali untuk menambah pengguna QRIS Bank BPD Bali yang dapat digunakan sebagai altenatif pembayaran kekinian yang aman, cepat, nyaman dan efisien bagi konsumen maupun pengguna.

Kemudian konsumen atau pengguna juga dapat melakukan monitoring pengeluaran karena semua data pembayaran tercatat secara real time dan dapat dipantau dengan mudah.

Di sisi lain, Bank BPD Bali juga turut mendukung pelaku usaha micro dalam mempertahankan eksistensinya serta memberikan layanan berkualitas terhadap wisatawan domestik maupun internasional melalui transaksi digital. Secara lebih jelas, Bank BPD Bali menyelenggarakan kegiatan talkshow bertajuk “QRIS: Solusi Pembayaran Untuk Ekosistem Pariwisata dan Generasi Milenial”.

Dalam acara penutupan Pekan QRIS Nasional 2023 dirangkaikan juga dengan kesepakatan bersama pemangku agama untuk digitalisasi QRIS yang secara garis besar menyampaikan tentang perluasan digitalisasi daerah yang salah satunya dilakukan melalui digitalisasi tempat ibadah sehingga Masyarakat dapat berdonasi secara digital dengan cepat, murah, mudah, aman dan handal (CeMuMuAH).

Dalam hal ini, penggunaan QRIS dapat menjadi salah satu tools yang mempermudah dan memperbanyak alternatif cara bertransaksi di kalangan masyarakat.  Beranjak dari hal tersebut, perkembangan inovasi yang juga digencarkan oleh Bank BPD Bali adalah fitur kanal QRIS Lintas Negara (Crossborder) bersama dengan Bank Indonesia yang memungkinkan nasabah untuk bertransaksi QRIS dari BPD Bali Mobile di merchant LuarNegeri, dimana tahap first launching dimulai dari negara Thailand yang selanjutnya dengan negara Malaysia dan yang teranyar dengan Singapura sehingga nasabah Bank BPD Bali yang sudah menjadi user BPD Bali Mobile cukup scan QR di merchant Thailand,  Malaysia maupun Singapura dari BPD Bali Mobile.

Hal tersebut merupakan bukti nyata penguatan kerjasama dalam kerangka Regional Payment Connectivity (RPC) untuk mendorong pembayaran lintas negara yang lebih cepat, lebihmurah, lebih transparan, dan lebih inklusif, terutama bagi usaha mikro, kecil, dan menengah.@7

Komentar