nusabali

STY Akui Bawa Bukan Tim Terbaik

Indonesia vs Malaysia di Piala AFF U-23, Malam Ini

  • www.nusabali.com-sty-akui-bawa-bukan-tim-terbaik

BANGKOK, NusaBali - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Malaysia dalam laga pembuka Grup B Piala AFF U-23 2023, di Rayong Province Stadium, Rayong, Thailand, Jumat (18/8) malam WITA. Pelatih Timnas U-23 Shin Tae-yong (STY) menyebut skuad yang dibawa kali ini bukan yang terbaik.

Laga ini sangat spesial bagi Timnas U-23 karena digelar sehari setelah perayaan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia. Timnas U-23 tentu bertekad mempersembahkan kado berupa kemenangan.

Ya, meski menyebutkan skuadnya di Piala AFF U-23 kali ini bukan yang terbaik, namun STY bertekad memberikan prestasi. Pernyataan STY itu mengacu pada sejumlah nama yang batal memperkuat Timnas U-23 di kali ini. 

Keinginan Shin Tae-yong memanggil para pemain berkualitas terbentur tekad klub karena BRI Liga 1 2023/2024 masih bergulir.

Misalnya, Rizky Ridho yang tak dilepas Persija Jakarta dan Dzaky Asraf yang tak direstui PSM Makassar. Selain itu, skuad Timnas U-23 kali ini juga tak diperkuat Witan Sulaeman hingga Adi Satryo.

"Kami ikut turnamen AFF U-23. Memang skuad kali ini bukan yang terbaik karena Liga 1 masih berjalan, tetapi kami tetap akan menjadi Timnas U-23 yang bekerja maksimal untuk Merah Putih," tulis Shin Tae-yong di akun Instagram-nya.

Timnas U-23 tetap diperkuat sejumlah nama besar, yang meraih medali emas SEA Games 2023 di Kamboja, beberapa waktu lalu. Sebut saja Ramadhan Sananta di lini depan, Beckham Putra di lini tengah, dan Alfeandra Dewangga di lini belakang. Selain Malaysia, pasukan STY akan bersaing dengan Timor Leste. Ajang ini jadi edisi kedua Indonesia setelah 2019. Saat itu, Timnas Garuda Muda berhasil menjadi juara.

Meski pasukan STY bertekad meraih kemenangan atas Malaysia, namun laga diprediksi tak akan mudah. Apalagi lawan yang akan dihadapi adalah Malaysia, tim dengan catatan panjang sebagai rival utama skuad Merah Putih.

Timnas U-23 sendiri datang ke Piala AFF U-23 2023 dengan kepala tegak karena beberapa bulan sebelumnya meraih medali emas SEA Games 2023. Adapun Malaysia akan menjadikan laga melawan Timnas U-23 sebagai ajang pembuktian evaluasi dari tim.
Meski sadar diri skuadnya bukan yang terbaik, namun STY tak ingin menjadikan hal tersebut sebagai alasan. Pelatih asal Korea Selatan itu bertekad mempersembahkan penampilan terbaik.

Timnas U-23 diyakini akan memainkan skema 4-4-2. STY akan mempercayakan lini serang pada duet Ramadhan Sananta dan Irfan Jauhari. 

Sedangkan  Malaysia U-23 menatap percaya diri duel pembuka Piala AFF U-23 2023 melawan Timnas U-23. Pelatih E. Elavarasan menganggap laga ini sebagai tes nyali untuk timnya.

"Ini bukan aksi yang mudah, tetapi semua pertandingan sangat penting bagi kami. Merupakan pengalaman yang baik untuk melihat bagaimana kami meningkat dibandingkan sebelumnya," kata Elavarasan. *

Perkiraan Susunan Pemain :
Timnas Indonesia U-23 (4-4-2): Ernando Ari (kiper), Kadek Arel, Muhammad Ferarri, Komang Teguh, Bagas Kaffa (belakang), Alfeandra Dewangga, Arkhan Fikri, Beckham Putra, Esal Sahrul, Irfan Jauhari, Ramadhan Sananta (depan). Pelatih : Shin Tae-yong.

Malaysia U-23 (4-4-2): Rahadiazli Rahalim (kiper), V. Ruventhiran, Ubaidullah Shamsul Fazili, Azam Azmi, Safwan Mazlan (belakang), Adam Farhan, Fergus Tierney, Syahir Bashah, Aliff Izwan (tengah), Haqimi Azim, Najmudin Akmal (depan). Pelatih: E. Elavarasan (Malaysia)

Komentar