nusabali

Persebaya Takluk, Aji dalam Tekanan

  • www.nusabali.com-persebaya-takluk-aji-dalam-tekanan

SURABAYA, NusaBali - Persebaya Surabaya takluk 1-2 saat menjamu Persikabo 1973 dalam laga pekan ke-6 BRI Liga 1 2023/2024, di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (4/8) sore. Kekalahan itu membuat posisi pelatih Persebaya Aji Santoso dalam tekanan dan terancam pemecatan.

Persebaya tampil dominan pada awal laga. Namun, mereka tidak efektif di depan gawang. Persikabo mencetak gol pada menit ke-33 lewat aksi Jose Varela. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, beberapa pergantian yang dibuat pelatih Aji Santoso kurang efektif. Pada menit ke-88, Rizky Hidayat membawa Persikabo 1973 unggul 2-0 dan membuat Persebaya berada dalam tekanan.

Pada menit 90+1, Persebaya mencetak gol lewat Wildan Ramdhani. Namun, gol itu tak banyak membantu Persebaya. Mereka gagal mendapatkan gol penyama kedudukan. Persebaya kalah dengan skor 2-1.

Hasil ini membuat posisi Aji Santoso sebagai pelatih Persebaya berada dalam tekanan. Sebab, sebelum berjumpa Persikabo 1973, Persebaya memasang target tujuh poin pada tiga laga yang akan dimainkan.

Kekalahan dari Persikabo 1973 membuat Persebaya dipastikan gagal mencapai target yang sudah ditetapkan. Jadi, ada kemungkinan posisi Aji Santoso sebagai pelatih akan dievaluasi.

Persebaya sendiri meraih hasil buruk pada enam laga awal Liga 1 2023/2024. Menang atas Persis Solo pada pekan ke-1, Bajul Ijo tak pernah menang pada lima laga berikutnya. Persebaya kini berada di zona degradasi.

Sementara itu, Aji Santoso  tetap mengucapkan terima kasih kepada para pemain. Aji berdalih tim dalam situasi sulit, ada pemain tidak bisa main, dan tim memakai komposisi darurat.

“Namun saya tidak mau berdalih, ini tanggung jawab seratus persen ada di saya,” kata Aji Santoso.

Persebaya menghadapi situasi yang sulit di laga ini. Beberapa pemain harus absen, seperti Ze Valente dan Muhammad Hidayat yang cedera. Lalu, bek Arief Catur Pamungkas mendapat larangan bertanding.

Dalam situasi itu, Persebaya melawan Persikabo yang bermain sangat solid menjaga pertahanan. Beberapa kali peluang mereka digagalkan pemain lawan

"Kembali lagi kami banyak peluang tidak terjadi gol. Faktor luck juga tidak berpihak pada Persebaya,” kata Aji Santoso. *

Komentar