nusabali

Senderan Jebol di Lempuyang Diperbaiki dari APBD 2023

  • www.nusabali.com-senderan-jebol-di-lempuyang-diperbaiki-dari-apbd-2023
  • www.nusabali.com-senderan-jebol-di-lempuyang-diperbaiki-dari-apbd-2023

AMLAPURA, NusaBali - Senderan jebol di jaba tengah Pura Penataran Sad Kahyangan Lempuyang, Karangasem, panjang 15 meter dan tinggi sekitar 8 meter, akan diperbaiki dari APBD Provinsi Bali 2023. Kini, proyek perbaikan sedang ditender.

Ketua Panitia Pembangunan Pura Penataran Sad Kahyangan Lempuyang I Wayan Putu Aryawan menegaskan, sebelum membangun senderan jebol itu,  pihaknya wajib matur piuning. "Tujuannya agar tidak mengalami kendala secara non teknis di lapangan," jelas Aryawan kepada NusaBali di Pura Penataran Sad Kahyangan Lempuyang, Banjar/Desa Adat Purwayu, Desa Tribuana, Kecamatan Abang, Karangasem, Jumat (54/8).

Aryawan memaparkan senderan di jaba tengah bagian utara telah lama jebol. Selanjutnya, pangempon pura telah memohon anggaran perbaikan ke Pemprov Bali. Setelah dapat persetujuan, anggarannya tercantum dalam APBD Provinsi Bali 2023. Kini, sedang proses tender.

Jelas Aryawan, senderan jebol itu sangat perlu sedagar mendapatkan perbaikan. Karena di atas senderan merupakan jalur untuk Mapurwa Daksina saat ada Karya Ngenteg Linggih dan setingkatnya. Di atas senderan itu pula merupakan jalur pamedek yang meninggalkan jeroan/utama mandala pura dari sisi utara, serta jalur menuju pawaregan (dapur pura).

"Mengenai berapa besar biayanya, belum dapat informasi. Terpenting, di APBD Provinsi Bali 2023, telah terpasang anggaran perbaikan senderan jaba tengah Pura Penataran Sad Kahyangan Lempuyang," tambahnya.

Ketua I Panitia Pembangunan Pura Sad Kahyangan Lempuyang yang juga Bendesa Adat Purwayu I Nyoman Jati juga membenarkan, adanya perbaikan senderan yang telah lama jebol.

"Perbaikan senderan itu tahun 2023 ini, anggarannya dari APBD Provinsi Bali," jelasnya

Nyoman Jati berharap agar pembangunan pondasi senderan nanti lebih kuat dan lebih berkualitas hingga tidak jebol lagi. Sebab, struktur tanah di lokasi senderan ini labil hingga rawan longsor. Apalagi posisi Pura Penataran Sad Kahyangan Lempuyang di ketinggian.7k16

Komentar