nusabali

Saluran Irigasi Tertutup Senderan Jebol

  • www.nusabali.com-saluran-irigasi-tertutup-senderan-jebol

GIANYAR, NusaBali - Saluran irigasi Subak Labak, Desa Sidan, Kecamatan/Kabupaten Gianyar tertutup material senderan jebol. Akibatnya petani tak dapat aliran air. Senderan jebol belum tertangani. Pekaseh Subak Labak Dewa Putu Eka Pramana sudah melapor ke pihak terkait, namun saluran irigasi belum mendapatkan penanganan.

Krama subak tidak berani ambil risiko membersihkan material karena takut saat pengerjaan terjadi longsor susulan. “Saluran irigasi tepat di bawah senderan, karena itu kami tidak berani membersihkan material longsoran, takut terjadi longsor susulan,” ungkap Dewa Eka Pratama, Senin (11/12). Dia sangat mengharapkan tindakan dari pihak-pihak terkait agar saluran irigasi dapat digunakan lagi. “Saya mewakili petani Subak Labak sangat mengharapkan bantuan pembersihan dan perbaikan sehingga petani dapat mengolah lahan,” harapnya.

Sebelumnya, saluran irigasi Subak Labak tertutup longsoran tanah dan material senderan yang jebol akibat hujan deras. Material longsoran dengan volume cukup banyak menyulitkan untuk evakuasi manual. “Kami sudah laporkan kejadian ini, kami diimbau berkoordinasi dengan warga,” ungkap Dewa Eka Pratama. Memasuki musim tanam dipastikan akan sangat menghambat aktifitas petani yang mengandalkan air dari saluran irigasi. 7 nvi

Komentar