nusabali

Senderan di Desa Kusamba Jebol Sepanjang 10 Meter

  • www.nusabali.com-senderan-di-desa-kusamba-jebol-sepanjang-10-meter

Pemukiman dan peternakan warga tergenang banjir luapan sungai Candigara.

SEMARAPURA, NusaBali
Senderan jalan di sebelah timur jembatan Jalan Candi Negara, Dusun Bingin, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung jebol sepanjang 10 meter, Minggu (2/7). Badan jalan juga tergerus. Kejadian ini disebabkan luapan sungai Candigara setelah diguyur hujan lebat sejak Sabtu (1/7) pagi. 

Jalan ini merupakan akses warga menuju Dusun Bingin dan Dusun Bias dengan jumlah warga 700 jiwa. Polsek Dawan memasang barier di sisi timur dan barat jalan jebol.

Pantauan di lapangan, luapan air menggerus senderan dan setengah badan jalan, termasuk menggerus jembatan sepanjang 1 meter. Kapolsek Dawan AKP I Komang Susiawan mengatakan, setengah badan jalan penghubung jembatan wilayah Dusun Bingin dengan Dusun Bias jebol akibat tergerus aliran sungai Candigara. 


“Jembatan masih utuh, sudah ada penutupan jalan dengan barrier,” ujar AKP Susiawan. Menurut Kapolsek Dawan, jalan tersebut merupakan jalan melingkar atau alternatif yang jarang dilintasi masyarakat. Jika ada kegiatan pada ruas jalan utama, baru warga melintasi jalan itu.

Perbekel Desa Kusamba I Nengah Semadi Adnyana menambahkan, senderan jebol pada Minggu dini hari. Namun baru diketahui warga sekitar pukul 08.00 Wita. Senderan jebol sepanjang 10 meter dan menggerus setengah badan jalan. Pemukiman dan peternakan warga tergenang banjir luapan sungai Candigara. 

“Air yang masuk tidak terlalu besar. Kami sudah bersurat ke bupati untuk mohon perbaikan senderan dan jalan jebol,” ujar Semadi. Kadis Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Permukiman Klungkung, Made Jati Laksana merencanakan turun ke lokasi, Senin (3/7) hari ini. Segera rapat koordinasi terbaatas untuk penanganan darurat. 7 wan

Komentar