nusabali

Bioskop Baru Lengkapi Revitalisasi Pasar Tabanan

  • www.nusabali.com-bioskop-baru-lengkapi-revitalisasi-pasar-tabanan

Hiburan layar lebar yang menjadi favorit warga Tabanan era 1990an kini mangkrak, dan akan dihadirkan kembali tahun depan.

TABANAN, NusaBali - Revitalisasi Pasar Tabanan masih dalam tahap perencanaan. Rencananya pasar yang bakal dinamakan Pasar Gadarata ini mulai dibangun pada 2024 mendatang. Meskipun akan direvitalisasi, Pasar Tabanan bakal tetap dilengkapi gedung bioskop. 

Untuk diketahui selama ini Pasar Tabanan memang dilengkapi gedung bioskop. Hanya saja sudah lama tak berfungsi. Gedung ini berada di lantai II dan pada era 1990an sempat menjadi hiburan favorit masyarakat Tabanan. Karena lama tak berfungsi gedung bioskop sekarang kumuh hingga bau. Bagian dinding penuh coretan tak jelas bahkan kerap kali digunakan sebagai tempat mesum. 

Kepala Bapelitbang (Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan) Tabanan I Gede Urip Gunawan mengatakan secara teknis revitalisasi Pasar Tabanan masih dalam proses. Begitupun desain Pasar Tabanan masih tahap kajian. Namun bagian gedung bioskop masih bakal dibangun. "Secara rinci desain kan masih pembahasan itu belum tahu kita, tetapi untuk gedung bioskop masih bakal dibangun," katanya Kamis (3/8). 

Dijelaskan revitalisasi Pasar Tabanan ini bakal dibangun secara keseluruhan. Baik pada bagian selatan, hingga barat pasar yang notabane aset Pemkab Tabanan seluas 1,6 hektar tersebut. "Intinya ini masih tahap kajian. Dan masih tahap FGD (Forum Group Discussion) untuk ketiga kalinya," tegas mantan Inspektorat Tabanan ini. 

Dia pun menyatakan dari jadwal perencanaan dengan sejumlah stakeholder target pembangunan pasar berskala modern ini dilaksanakan tahun 2025, namun Pemerintah Kabupaten Tabanan memohon agar bisa dimajukan di tahun 2024. "Kita mohon di tahun 2024 dan mudah-mudahan sesuai rencana," harap Urip. 

Urip menjanjikan selama revitalisasi pasar ini tidak akan ada relokasi pedagang. Para pedagang yang berjumlah 861 orang di pasar kota Tabanan masih bisa berjualan. Ini dikarenakan pembangunan akan dilakukan secara bertahap, kemungkinan diawali dari terminal atau parkir transit. "Pemindahan lokasi di sana saja, karena akan dibangun sebagian dan bertahap. Kemungkinan dari transit dulu, artinya tidak sampai mengganggu aktivitas pedagang," tandasnya. 7des

Komentar