nusabali

Dirjen PAUD Apresiasi Program Satu Desa Satu TK Negeri.

  • www.nusabali.com-dirjen-paud-apresiasi-program-satu-desa-satu-tk-negeri

Hingga tahun 2022, Bupati telah meresmikan 50 TK negeri dari total 59 TK desa/kelurahan di Kabupaten Klungkung.

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima kunjungan rombongan Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek Iwan Syahril di rumah jabatan Bupati Klungkung, Sabtu (29/7). Rombongan Dirjen PAUD diantarkan Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Kadisdikpora) Klungkung I Ketut Sujana. Rombongan ingin melihat secara langsung pembelajaran dengan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Syahril terkesan dengan program Satu Desa Satu TK Negeri yang dicetuskan Bupati Suwirta. 

Menurut Syahril, program Satu Desa Satu TK Negeri adalah bentuk komitmen luar biasa Pemkab Klungkung dalam upaya penguatan dan peningkatan kualitas pendidikan dasar. “Ini bisa menjadi inspirasi bagi Pemkab lainnya di Indonesia,” ujar Syahril. Bupati Suwirta menceritakan, program Satu Desa Satu TK Negeri berawal dari kegiatan Bedah Desa. Saat acara terungkap partisipasi anak-anak usia dini mengenyam pendidikan dasar sangat rendah karena siswa dikenakan SPP. Selain itu, dalam satu desa juga ada lebih dari satu PAUD/TK sehingga menjadi tidak efisien.

Pada tahun 2018 dimulailah program Satu Desa Satu TK Negeri dengan perubahan status TK desa menjadi TK negeri. Dengan perubahan status ini otomatis kegiatan operasional sekolah PAUD/TK dibiayai pemerintah daerah, termasuk gaji pegawai dan penyediaan fasilitasnya. Bupati Suwirta berharap penguatan pendidikan dasar ini terus dilanjutkan oleh bupati berikutnya. Bupati Suwirta mengharapkan Dirjen PAUD berikan dukungan agar SDM PAUD/TK direkrut jadi PPPK atau CPNS. Bupati juga mohon dukungan sarana prasarana termasuk bangunan PAUD/TK.

Kadisdik Klungkung, Ketut Sujana mengatakan, sejak program Satu Desa Satu TK Negeri digulirkan, hingga tahun 2022 sudah ada 50 TK negeri diresmikan dari total 59 TK desa/kelurahan di Kabupaten Klungkung. Tahun 2023, Bupati Suwirta meresmikan 7 TK negeri. 7 wan

Komentar