nusabali

Mau Tahu Cara Jadi Kemitraan Usaha Frozen Food? Begini Langkahnya!

  • www.nusabali.com-mau-tahu-cara-jadi-kemitraan-usaha-frozen-food-begini-langkahnya

JAKARTA, NusaBali.com - Permintaan konsumen yang tinggi terhadap frozen food membuat sebagian orang mulai tertarik ikut kemitraan bisnis ini.

Bisnis frozen food tidak harus dijalankan sendirian, melainkan juga dengan menjalin kerja sama dengan beberapa orang. Tujuannya yaitu agar jangkauan pemasaran lebih luas sehingga mempermudah konsumen. 

Mengikuti usaha kemitraan seperti ini sangat cocok untuk seseorang yang sedang mencari penghasilan tambahan. Sifat kerjanya lebih fleksibel dan tidak terlalu membutuhkan modal yang banyak. Frozen food sendiri menjadi salah satu bisnis yang bisa meraup banyak kemitraan karena tingkat permintaan pembeli yang terus naik. 

Jika anda sedang tertarik atau berencana menjadi partnership bisnis frozen food, anda sebaiknya mempelajari lebih dulu seluk beluknya. Jangan sampai asal memilih kemitraan tanpa mempertimbangkan beberapa hal seperti jenis produk, target market bahkan sampai modal usaha. 

Apa itu Kemitraan Usaha? 

Kemitraan usaha adalah jalinan kerja sama antara kedua pihak, biasanya antara pebisnis besar dengan pebisnis menengah atau kecil. Dalam kemitraan ini, tujuannya yaitu untuk menjalin bisnis yang solid, kokoh, dan tentunya saling menguntungkan. Bentuk kemitraan biasanya bersifat jangka panjang. 

Contoh paling mudah dari kemitraan usaha cold storage adalah bisnis waralaba. Seseorang biasanya akan membeli franchise dari salah satu brand pebisnis atau bisa juga seseorang menjadi agen penjual  produk dari distributor tertentu. 

Orang yang menjalankan kemitraan memang tampak menjalankan bisnis sendiri namun pada dasarnya dia bekerja sama dengan pihak pemilik brand atau distributor. Oleh karena itu, sistem bisnis yang terjadi pastinya jauh berbeda dengan bisnis perseorangan. 

Cara Menjadi Kemitraan Bisnis Frozen Food 

Frozen food adalah satu produk yang cukup diminati orang sekaligus dibidik sebagai usaha kemitraan. Bisnis ini bahkan semakin meroket selama pandemic berlangsung. Banyaknya pilihan frozen food juga menjadi salah satu pendukungnya. Lalu, bagaimana cara menjadi partnership bisnis frozen food? Perhatikan dan cermati beberapa langkah berikut ini: 

- Mencermati Sistem Kerja Kemitraan 

Setiap perusahaan atau produsen pasti punya aturan yang berbeda-beda terhadap kemitraan. Jadi, pastikan anda benar-benar memahami sistem kerja kemitraan tersebut. Bisnis kemitraan bersifat jangka panjang. Jangan sampai ada hal dalam aturan yang terlewat karena kurang teliti. Pahami standard operational procedur (SOP) yang ditawarkan oleh perusahaan atau distributor. Tanyakan hal-hal yang kurang anda pahami, apalagi tentang harga jual. Perusahaan biasanya juga sudah menetapkan harga jual dan kisaran harga yang bisa dijual oleh agen atau rekan kemitraan. 

- Memilih Produk Frozen Food yang Tepat 

Selanjutnya, tentukan produk sewa gudang frozen food yang hendak anda jual. Saat ini, frozen food banyak hadir dalam beragai makanan mulai dari nugget, kentang goreng, sayuran beku, otak-otak, daging beku, ayam beku dan lainnya. Tidak semua jenis frozen food harus anda jual. Pilihan produk frozen food tersebut nantinya akan menjadi branding dari bisnis kemitraan yang anda jalankan. Cukup fokus pada satu atau dua produk frozen food saja. Yang paling penting adalah menjaga kualitas dari produk hingga ke tangan konsumen. 

- Identifikasi dan Tentukan Target Market yang Sesuai 

Setelah memilih jenis produk, maka langkah yang anda lakukan selanjutnya adalah mengidentifikasi target market. Kira-kira kepada siapa saja produk frozen food tersebut akan anda jual? Apakah untuk keluarga, dewasa, muda atau remaja? Menentukan target market akan mempermudah rencana promosi ke depannya. Misalnya jika target market anda adalah milenial dan generasi muda, anda bisa menjualnya lewat media sosial seperti Instagram. Jika yang menjadi target adalah ibu-ibu deewasa, maka penjualan dan pemesanan lewat WhatsApp jauh lebih cocok dengan target market tersebut. 

- Mengecek Kebutuhan Peralatan dan Siapkan Modal 

Sekalipun bentuknya hanya kemitraan bisnis frozen food, maka bukan berarti anda tidak menyiapkan peralatan tertentu. Seperti yang anda tahu, produk frozen food butuh media penyimpanan dalam suhu yang rendah. Itu artinya anda harus menyiapkan freezer atau sewa gudang beku untuk menjaga kualitas produk dari produsen tetap terjaga. 

Misalnya produsen tidak menyiapkan packaging khusus, maka anda harus punya kemasan untuk membungkus frozen food tadi. Pastikan kemasan tersebut kedap udara dan tidak mudah bocor. Ingat, produk frozen food mudah rusak kalau terkontaminasi udara luar atau bakteri. 

Dari kebutuhan peralatan, anda bisa membuat estimasi modal yang dibutuhkan. Biaya untuk kemitraan ini biasanya meliputi peralatan dan biaya operasional (toko, listrik dan lainnya). Persiapkan modal dengan rinci sebelum memulai kemitraan frozen food. 

- Punya Izin Edar Resmi 

Hal paling penting yang tidak boleh andalewatkan adalah memastikan perusahaan atau distributor punya izin edar BPOM. Bagaimanapun juga, keberadaan izin edar membuat konsumen menjadi lebih mudah yakin pada produk tersebut. Jadi, pastikan juga poin ini ke produsen. 

Izin edar resmi berfungsi sebagai bukti yang sah bahwa prioduk yang anda jual saat ini terjamin keamanannya untuk konsumen. Tanpa ada izin edar, produk tentunya akan cukup sulit bersaing di tengah pasar persaingan yang sejenis.

Komentar