nusabali

Apa Manfaat Chiller Industri Bagi Bisnis? Ini Penjelasannya

  • www.nusabali.com-apa-manfaat-chiller-industri-bagi-bisnis-ini-penjelasannya

JAKARTA, NusaBali.com - Chiller industri biasanya digunakan pada dunia industri untuk mendinginkan berbagai jenis komponen dengan memanfaatkan mekanisme perpindahan panas. Komponen atau peralatan yang dimaksud termasuk mesin dimana sangat penting untuk menjaga suhunya agar tidak overheat dan rusak.

Istilah chiller sendiri juga biasa diasosiasikan dengan kulkas dan refrigerator atau cold storage. Penggunaannya tentu bukan untuk industry namun lebih ke rumah tangga. 

Apa itu Mesin Chiller? 

Chiller adalah alat yang dapat menghasilkan air dingin untuk digunakan pada sistem HVAC terpusat. Sebagian besar chiller menggunakan sistem refrigerasi vapor kompresi sebagaimana kulkas dan AC. Intinya, chiller adalah sebuah sistem yang dapat menghantarkan panas dan membawanya keluar ke lingkungan sekitar. Chiller juga bisa didefinisikan sebagai mesin didefinisikan sebagai mesin pendingin untuk mengkondisikan fasilitas industri dan fasilitas umum. 

Fungsi Chiller pada Industri 

Beberapa fungsi industrial chiller antara lain: 

1. Mencegah Kerusakan Peralatan 

Fungsi chiller yang paling utama adalah untuk memindahkan energi panas dari suatu tempat ke tempat lainnya. Dalam hal ini, mesin chiller bisa menurunkan temperature peralatan, komponen, dan fasilitas pada pabrik industry dengan cara mengeluarkan panas yang ada di dalamnya. Hasilnya adalah perlengkapan manufaktur tersebut tidak cepat mengalami kerusakan karena suhu yang ekstrem. 

Tetapi ingat bahwa panas dari berbagai perlengkapan tersebut berpindah, tidak hilang begitu saja. Hukum pertama  Termodinamika menyatakan bahwa sebuah energi tidak bisa diciptakan dan dihilangkan. Energi hanya dapat berubah bentuk. 

Panas termasuk salah satu bentuk energi yang tidak bisa menghilang, melainkan dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Jika tempat tersebut memang kelebihan panas sekalipun, maka bukan masalah besar. Tentu berbeda jika komponen penting manufaktur yang terkena panas. 

2. Memastikan Kenyamanan dan Keselamatan Pekerja 

Selain dapat mencegah kerusakan pada peralatan manufaktur, sewa gudang chiller juga dapat membantu pekerja bekerja dengan lebih nyaman. Keberadaan mesin ini, dengan demikian, diharapkan dapat memperlancar proses produksi. Selain itu, dalam banyak kasus, pendingin tersebut juga dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh suhu yang ekstrim. Karena sebalam digunakan, mesin-mesin pabrik biasanya mengalami peningkatan suhu yang tinggi dan membahayakan manusia. 

3. Membantu Produksi Makanan 

Industry pengolahan makanan sering membutuhkan suatu kondisi dimana suhu ruangan tetap terjaga dengan baik. Misalnya dalam proses fermentasi untuk makanan-makanan tertentu. Kualitas makanan hasil produksi juga harus disimpan dalam kondisi temperature ideal. Keberadaan chiller dapat memenuhi berbagai kebutuhan tersebut karena kemampuannya meregulasi suhu. 

4. Mengurangi Ekses Panas pada Pembangkit Listrik 

Berbagai jenis pembangkit listrik menghasilkan ekses panas yang cukup tinggi dalam proses sehari-hari. Chiller power plant biasanya dipasang untuk menurunkan ekses panas yang membahayakan tersebut. 

5. Membantu Pembuatan Plastik 

Plastic adalah material yang sangat sensitive terhadap perubahan suhu. Tingginya temperature bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada bahan tersebut. Oleh karena itu, manufaktur produk plastic seringkali menggunakan chiller khusus yang memang dapat mengatasi masalah ini. Dengan demikian, kualitas produk terjaga. 

6. Menunjang Kerja Peralatan Medis dan Pembuatan Obat 

Fungsi chiller juga mencakup kebermanfaatannya dalam bidang medis baik untuk peralatan medis ataupun untuk obat-obatan. Untuk peralatan medis, sewa gudang dry ini bisa menurunkan suhu ruangan sehingga perlengkapan seperti MRI bisa bekerja dengan baik. Sementara dalam bidang farmasi, alat ini dapat membantu proses pembuatan obat. Di samping itu, pharmaceutical chiller juga bisa membantu penjagaan obat agar tidak mudah rusak. 

7. Melancarkan Proses Plating Logam 

Metal plating atau plating logam merupakan proses pelapisan bahan logam pada logam lainnya yang berbeda jenis untuk tujuan tertentu misalnya untuk mencegah korosi serta meningkatkna keindahan. Proses metal plating sendiri biasanya dapat menyebabkan kenaikan suhu secara drastic. Agar bisa berjalan denga naman dan lancar, suhu tidak boleh terlalu tinggi. Chiller, dalam hal ini, bisa digunakna untuk mendukung proses coating tersebut. Jenis pendingin ini, di pasaran, biasa disebut dengan istilah plating chiller.

Komentar