nusabali

Konsumsi Steak Daging Sapi Ternyata Datangkan Banyak Manfaat. Ini Penjelasannya!

  • www.nusabali.com-konsumsi-steak-daging-sapi-ternyata-datangkan-banyak-manfaat-ini-penjelasannya

JAKARTA, NusaBali.com - Steak daging sapi menjadi salah satu jenis makanan yang menggunakan bahan utama daging. Daging yang digunakan dalam pembuatan steak umumnya adalah daging sapi yang masih merah dan segar.

Tetapi tidak menutup kemungkinan kalau steak dibuat dari bahan daging lainnya seperti ayam atau ikan. Ciri khas hidangan steak ini yaitu cara pembuatannya yakni dengan dipanggang di atas bara api. 

Ini tentunya akan menghasilkan warna steak yang coklat dengan dibalur dengan saus seperti saus barbeque. Dalam hidangan steak, makanan ini biasanya didampingi dengan sayuran atau french fries. Steak punya kandungan yang bagus untuk tubuh, khususnya dalam meningkatkan imunitas dan fungsi jantung.  Namun manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi daging steak dalam takaran wajar. Jika berlebihan, tentu tidak akan bagus. 

Apa itu Steak?

Steak adalah olahan daging sapi yang dipanggang dengan tingkat kematangan tertentu. Mengapa steak sangat istimewa? Karena daging yang digunakan dipotong mengikuti alur serat. Selain itu, pembuatan steak dari toko daging biasanya dalam potongan daging yang besar sehingga lebih nikmat. 

Dalam steak per 100 gram, maka kalori yang terkandung sebanyak 270 kcal tetapi rendah kolesterol yang hanya 78 mg. steak sendiri disajikan biasanya sebagai menu utama tanpa nasi atau makanan pokok yang lainnya. Umumnya steak menggunakan makanan pendamping berupa sayuran seperti kentang, brokoli, wortel dan lainnya. 

Sejarah Steak 

Berdasarkan sejarahnya, makanan steak sebenarnya ada sejak abad ke-15. Ini bisa diliihat dari keberadaan resep steak dalam buku masak pada zaman tersebut. Steak diambil dari bahasa Skandinavia yaitu “steik” pada kamus Oxford, dengan arti irisan daging tebal panggang. 

Potongan daging steak tebal tersebut tidak diberikan tambahan bumbu yang banyak karena menggunakan daging steak fresh dengan tekstur banyak kadar air pada daging merah. Bumbu yang digunakan untuk memanggang makanan steak ini biasanya adalah mentega, merica, rempah dan garam di daerah asal seperti thyme, oregano ataupun bawang putih. 

Steak semua terbuat dari bahan dengan daging rusa. Namun rusa sulit ditemukan pada beberapa negara, penggunaan daging rusa lalu diganti menggunakan daging kambing, daging sapi, ikan, dan babi. Penggunaan daging sapi untuk bahan steak dimulai sejak abad ke-18. Saat itu, sudah terjadi peningkatan produksi sapi yang sekaligus sebagai symbol kemakmuran bangsa Amerika. 

Steak saat ini menjadi tren bahkan banyak disantap untuk dijadikan sebagai menu dinner (makan malam) sebab cocok disandingkan dengan minuman wine. Oleh karena itu, wajar jika sampai sekarang steak banyak disantap pada malam hari.

Manfaat Steak Bagi Kesehatan 

Makanan steak ternyata memberikan banyak manfaat bagi tubuh antara lain:

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Steak punya kandungan yang baik untuk meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh. Karena imunitas tubuh akan memperoleh dukungan dari organ-organ yang sehat dalam tubuh, dapat melindungi tubuh terhadap serangan kuman. Selain itu, kandungan senyawa pada steak juga dapat meningkatkan sistem syaraf. 

Memelihara Sel-sel dalam Tubuh 

Manfaat steak selanjutnya adalah bisa membantu memelihara sel-sel dalam tubuh. Jual daging steak mengandung protein penting yang berguna untuk memelihara bagian sel-sel tubuh sehat. Kandungan ini tentu saja bisa dijadikan asupan sangat baik baik dalam memproduksi sekaligus meregenerasi sel-sel yang mati dalam tubuh. 

Mencegah dan Mengatasi Anemia 

Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang membutuhkan zat besi agar bisa kembali membentuk sel darah merah dengan cepat. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan steak karena makanan yang satu ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Oleh karenanya dapat membantu mencegah sekaligus mengatasi anemia. 

Menyehatkan Kulit 

Steak daging sapi mengandung sifat antioksidan yang dapat menjadikan kulit menjadi lebih sehat. Selanjutnya, antioksidan bekerja untuk mengangkat sel-sel mati dalam tubuh dengan cara menggantinya dengan menggunakan sel baru. Ini terjadi mengingat kandungan pada steak diyakini memiliki peranan dalam menyehatkan kulit. 

Mengatur Suhu Tubuh 

Makanan steak juga dapat mengatur suhu tubuh sehingga suhu tubuh tetap bisa terkendali. Selain itu, steak juga dapat membantu meningkatkan fungsi otot karena oksigen yang didistribusikan dngan kandungan pada steak bisa disalurkan dengan maksimal. 

Menyehatkan Tulang dan Gigi 

Steak jual daging mengandung senyawa kalsium sebagai zat penting untuk Kesehatan tulang. Kalsium pada steak juga sangat baik bagi pertmbuhan tulang si kecil. Ini juga berlaku bagi orang dewasa yang sangat membutuhkan kalsium untuk memelihara Kesehatan tulang sekaligus mencegah osteoporosis.

Melancarkan Sistem Pencernaan 

Ada kandungan serat pada steak, inilah kandungan yang punya banyak manfaat bagi tubuh khususnya dalam melancarkan sistem pencernaan tubuh. Dengan mengkonsumsi steak, maka anda dapat terhindar dari berbagai jenis permasalahan yang berhubungan dengan sistem pencernaan misalnya kembung, perut mual dan sulit buang air besar/sembelit.

Komentar