nusabali

Penggalangan Bendera Merah Putih Jelang HUT RI

  • www.nusabali.com-penggalangan-bendera-merah-putih-jelang-hut-ri

SINGARAJA, NusaBali - Pemkab Buleleng melakukan penggalangan donasi bendera merah putih menyambut Hari Kemerdekaan RI tahun 2023. Penggalangan donasi dilakukan sampai Jumat (28/7) mendatang, sebelum akan dibagikan pada Senin (31/7) mendatang.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buleleng Komang Tri Kappa Aryandono mengatakan penggalangan donasi bendera merah putih itu sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 400.10.1.1/1965/SJ. Hasil penggalangan donasi ini akan kembali didistribusikan ke masyarakat.

“Penggalangan donasi ini sudah ditindaklanjuti dan sedang dikumpulkan oleh Bagian Tata Pemerintahan sebagai koordinator,” terang Kappa.

Dia mengatakan dalam penggalangan donasi bendera ini seluruh unsur masyarakat dilibatkan. Mulai dari kelompok, pribadi, organisasi masyarakat (ormas) partai politik, unsur pemerintah dan swasta. Jumlah dan ukuran bendera yang didonasikan tidak ditentukan tergantung kerelaan para donasi.  “Donasi sifatnya tidak memaksa sifatnya nasionalisme,” imbuh mantan Kabag Umum Setda Buleleng ini.

Setelah dikumpulkan, hasil donasi bendera akan dibagikan kembali ke masyarakat. Masing-masing akan dikoordinatori oleh masing-masing kecamatan yang mewilayahi. Selain itu dalam rangkaian HUT RI juga akan dibagikan bendera kecil ke pengendara.

Sementara itu untuk menyemarakkan perayaan HUT RI ke-78, seluruh masyarakat diharapkan sudah memasang bendera di rumah masing-masing selama sebulan penuh saat bulan kemerdekaan yakni mulai tanggal 1-30 Agustus mendatang. 7k23

Komentar