nusabali

Seleksi KPU Bangli, Satu Incumbent Tumbang

  • www.nusabali.com-seleksi-kpu-bangli-satu-incumbent-tumbang

BANGLI, NusaBali - Seleksi Calon Anggota KPU Bangli periode 2023-2028 memunculkan kejutan. Salah satu incumbent I Wayan Sastrapuja tumbang lebih awal. Kini otomatis tersisa dua incumbent untuk berebut kursi komisioner KPU Bangli.

Sesuai dengan pengumuman Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota di Bali Nomor 050/TIMSELKABKOT-GEL.6-Pu/03/51-02/2023 tentang Hasil Seleksi Tertulis dan Tes Psikologi Bakal Calon Anggota KPU Kabupaten Bangli periode 2023-2028, terdapat 13 nama yang lolos seleksi tertulis dan tes psikologi. Jumlah ini berkurang dari yang sebelumnya berjumlah 17 orang. Tumbangnya Sastrapuja, kini masih ada dua incumbent lainnya yakni I Kadek Adiawan, dan Ni Putu Anom Januwintari.

Sastrapuja diketahui baru satu periode di KPU Bangli. Komisioner asal Kecamatan Kintamani ini menjabat sebagai Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia. 

Sastrapuja saat dikonfirmasi tidak menampik jika dirinya tidak lolos, utamanya dalam tes psikologi yang digelar pada 13 Juli 2023. Tidak dipungkiri ada rasa kecewa, karena gagal dalam seleksi tersebut, namun dirinya tetap legowo dengan hasil seleksi.  "Ya manusiawi (kecewa,red), tapi pada dasarnya saya ikhlas. Mungkin memang sampai disitu waktunya, dan Tuhan merencanakan lain. Tidak harus di KPU, mungkin di tempat lain," ungkap Sastrapuja,  Senin (17/7).

Meski tidak lolos, pihaknya akan tetap bekerja secara profesional hingga akhir masa bakti. Sesuai dengan SK, masa bakti Komisioner KPU Bangli periode 2018-2023 berakhir pada 16 Oktober 2023 mendatang. "Saya tetap fokus melaksanakan tugas sesuai amanat undang-undang dan perintah dari KPU RI," ujar Sastrapuja. 7 esa.

Komentar