nusabali

20 Anggota PPK untuk Pilkada Bangli 2024 Dilantik

  • www.nusabali.com-20-anggota-ppk-untuk-pilkada-bangli-2024-dilantik

BANGLiI, NusaBali - KPU Bangli melaksanakan pelantikan 20 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tersebar di 4 kecamatan. Pelantikan digelar secara serentak di Kantor KPU Bangli, Kamis (16/5). PPK yang dilantik sebagian besar PPK yang bertugas pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu.

Ketua KPU Bangli Kadek Adiawan mengatakan, total PPK yang dilantik sebanyak 20 orang tersebar di Kecamatan Bangli, Kecamatan Tembuku, Kecamatan Susut dan Kecamatan Kintamani. Masing-masing kecamatan terdapat 5 orang Anggota PPK. Sebelum dilantik, para Anggota PPK ini telah melalui proses seleksi secara ketat dan sesuai mekanisme.

Pihaknya memastikan rekrutmen badan Ad hoc Pemilu ini berjalan transparan dan akuntabel. “Apa yang kami lakukan dalam proses rekrutmen memang benar-benar untuk melihat kualitas,” ujar Adiawan.

Menurut Adiawan, PPK yang bertugas pada Pemilu 14 Februari 2024 kinerjanya benar-benar dievaluasi. Terbukti dari PPK saat ini, tidak 100 persen PPK yang bertugas pada Pemilu 2024. “Harapan pada Pilkada baik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati di Bangli bisa berjalan sesuai harapan bersama,” ujar Adiawan.

Lanjut Adiawan, dari total 20 PPK yang dilantik terdapat beberapa orang baru. Seperti di Kecamatan Tembuku ada 2 orang pendatang baru, Kecamatan Susut 1 orang, Kecamatan Kintamani 2 orang, sedangkan di Kecamatan Bangli tanpa pendatang baru. 

Setelah pelantikan PPK, dilakukan proses pemilihan ketua di masing-masing kecamatan. Selain itu juga dilakukan bimtek (bimbingan teknis) yang berkaitan dengan pemahaman kelembagaan. Meski sebagian besar PPK yang dilantik pengalaman di Pemilu 2024, mereka diingatkan pentingnya menjaga nama baik lembaga dan tata kerja. Tidak kalah penting kaitannya dengan tugas-tugas PPK, kode etik sebagai penyelenggara Pemilu diminta agar dijaga.

“Harapan kami, PPK bekerja secara profesionalitas, tegak lurus satu komando. Disiplin terhadap waktu dan disiplin terhadap kerja,” kata Ketua KPU asal Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku, Bangli ini. 7esa.

Komentar