nusabali

Akhirnya Bali United Menang

  • www.nusabali.com-akhirnya-bali-united-menang

Diwarnai 2 penalti, 3 kartu merah, Bali United mengalahkan Madura United, sekaligus meraih kemenangan pertama di Liga 1 2023/2024.

GIANYAR, NusaBali - Astungkara 3 poin! Setelah di dua laga selalu kalah, akhirnya Serdadu Tridatu berhasil memetik kemenangan 2-1 saat menjamu Madura United di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Sabtu (15/7) malam.

Madura United memimpin lebih dulu lewat eksekusi pemnalti Hugo Gomez Dos Santos Silva di menit 2. Selanjutnya Bali United sukses comeback lewat eksekusi penalti Jefferson Mateus De Assis menit 22, dan Jajang Mulyana menit 32. Kemenangan ini sangat krusial, karena Bali United merangkak naik ke posisi 14 dan berhasil melepas status juru kunci. 

Kemenangan kemarin disambut sujud syukur oleh pemain Bali United sendiri, setelah susah payah meladeni tim berjuluk Laskar Sape Kerab. Itu setelah jalannya pertandingan babak pertama tim tamu mampu unggul cepat, ketika pertandingan baru berjalan 1 menit, Novri Setiawan handball di areal terlarang. Wasit Ginanjar Latief langsung menunjuk titik putih penalti. Hugo Gomez sukses melaksanakan tugasnya melalui jarak 12 meter menaklukkan kiper Adilson Maringa. 

Begitu tertinggal, tim tuan rumah justru menampilkan permainan kurang menjanjikan. Tim tamu yang justru lebih mengancam gawang Serdadu Tridatu. Beruntung pada menit 22 giliran Fachrudin Aryanto yang handball di kontak penalti Madura United. Hingga Skuad Serdadu giliran dapat penalti dari wasit Ginanjar Latief. Kesempatan itu mampu dimanfaatkan dengan baik striker Jefferson Assis untuk menyamakan kedudukan 1-1. 

Tim tuan rumah akhirnya baru berhasil membalikkan keadaan lewat sundulan Jajang Mulyana memanfaatkan kemelut di depan gawang Satria Tama. Tim tuan rumah mulai sedikit diuntungkan, setelah bek Madura United Fachruddin Aryanto mendapatkan kartu merah, setelah melanggar Ricky Fajrin. Namun unggul jumlah pemain tidak mampu dimanfaatkan dengan baik, hingga babak pertama hanya mampu unggul tipis 2-1. 

Meski unggul babak pertama, Bali United harus berkorban satu pemain ditarik lebih dulu Novri Setiawan setelah kepalanya berbenturan dengan pemain lawan. Hingga Made Andhika Pradana Wijaya mendapatkan kesempatan menggantikan posisinya di bek sayap kanan. 

Memasuki babak kedua, permainan  Serdadu Tridatu sedikit membosankan dan lebih mengulur-ulur waktu. Padahal unggul jumlah pemain, namun terlalu hati-hati masuk ke pertahanan Madura United. 

Hingga perubahan pemain kembali dilakukan, dengan memasukan Ilija Spasojevic menggantikan Jefferson Assis, M Rahmat menggantikan Privat Mbarga, dan Jajang Mulyana digantikan Elias Dolah. Namun pertandingan yang disaksikan 3.800 penonton hingga menit 80 belum mampu menambah keunggulan. 

Menit 83 Yabes Roni Malaifani justru harus mandi lebih dulu, karena menerima kartu merah. Dua menit berikutnya giliran pemain Madura United Muhammad Tahir mendapatkan kartu merah setelah menyikut Made Andhika yang hendak melakukan serangan balik. 

Hingga Madura United harus bermain dengan 9 pemain, sedangkan tuan rumah bermain dengan 10 pemain. Spaso yang berstatus sebagai pemain pengganti sempat mengancam melalui tendangan kerasnya dari jarak jauh, tetapi masih mampu ditepis kiper Satria Tama. Hingga tambahan waktu 5 menit, kedudukan berakhir tetap dengan skor 2-1. Sekaligus raihan poin maksimal perdana bagi tim Skuad Serdadu Tridatu dikandang, dan memutus hasil buruk pada 2 pertandingan sebelumnya. 

Uniknya, kemenangan Bali United kemarin tanpa didampingi pelatih Stefano ‘Teco’ Cugurra karena mendapatkan larangan mendampingi tim setelah menerima kartu kuning pada pertandingan sebelumnya. 

Menanggapi kemenangan ini, Stefan Keltjes yang berada di bench menggantikan peran Teco sebagai pelatih, mengaku bersyukur bisa keluar dari jalur negatif,  semua itu karena keinginan kuat dan kerja keras pemain untuk dapat memenangkan pertandingan. 

Dia mengakui pemainnya bermain sangat berhati-hati pada babak kedua, karena jangan sampai lawan dapat mencuri gol. Sementara itu Jajang Mulyana menyebut kemenangan ini karena mampu menjalankan instruksi dari pelatih. “Gol yang saya ciptakan juga karena dukungan teman-teman," tutur Jajang Mulyana. 

Sementara itu pelatih Madura United, Mauricio de Souza menyebut pertandingan babak pertama Bali United bermain lebih bagus, tetapi pada babak kedua Madura United yang lebih baik dari tuan rumah. 

"Kami sudah bermain sesuai strategi, terlepas hasilnya kurang baik, kami fokus untuk pertandingan selanjutnya di kandang," tutur Mauricio de Souza. 7dek

Komentar