nusabali

Juara Kejurnas Para-Bulutangkis Dikirim ke Event Internasional

  • www.nusabali.com-juara-kejurnas-para-bulutangkis-dikirim-ke-event-internasional

JAKARTA, NusaBali - Juara Kejuaraan Nasional (Kejurnas) para-bulutangkis diproyeksikan mengikuti kejuaraan internasional.

Kejuaraan yang digagas National Paralympic Committe (NPC) Indonesia berlangsung pada pada 6-9 Juli 2023 di GOR Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret, Solo, Jawa Tengah. Salah satunya kejuaraan Indonesia Para-Badminton Internasional 2023 di Solo pada 4-10 September 2023. 

"Jika dari kejurnas ini ada pemain yang memiliki kualitas bagus dan standar bagus, maka NPC akan mendukung mereka untuk tampil di ajang internasional," ujar Sekjen NPC Indonesia, Ukun Rukaendi dalam rilisnya, Minggu (9/7).

Dengan mengirimkan ke kejuaraan tersebut di atas, kata Ukun, memberikan kesempatan kepada atlet para-bulutangkis menambah pengalaman. 

Sementara itu,  juara tunggal putra SU5 Kejurnas sendiri diraih unggulan pertama dari Kalimantan Selatan, Odi Putra Nugraha. 

Odi menjadi juara setelah mengalahkan Muhammad Raffi Apriansyah dari Sumatera Utara, 21-10 21-5.

Serdangkan juara kategori tunggal putri SU5 dan SH6 yang menggunakan sistem round robin diborong dua pemain asal Jawa Tengah, Anisa Fitriani dan Aprilia. 

Anisa memastikan gelar juara setelah meraih angka sempurna dengan tiga poin, berkat tiga kali kemenangan. Anisa mencatat kemenangan atas Annisa Kusuma Wardhani (Riau), Puji Rahayu (Jawa Timur) dan Ira Choirotuz Zawaidah (Jawa Timur)

Tuan rumah Jawa Tengah melengkapi pesta kemenangan setelah Aprilia menjadi yang terbaik di tunggal putri SH6. Aprilia menang dua kali masing-masing saat melawan Kustanti Nur Amaliya (Jateng) dan Felisak Garsony (Kalimantan Barat). 

Meski belum juara di Kejurnas, Felisak Garsony merasa senang dan bangga mengikuti Kejurnas. Pasalnya, dia dipercaya mewakili daerahnya mengikuti ajang pertandingan tingkat nasional. 

"Saya sangat terkesan bisa mengikuti kejuaraan ini. Untuk tampil di kejurnas, saya melakukan persiapan yang sangat mantap. Saya berharap kedepannya para atlet lebih bersemangat dalam berolahraga dan semangat dalam mengikuti kejuaraan," kata Felisak.

Perhelatan Kejurnas para-bulutangkis pun dinilai penting oleh Sekjen NPC Indonesia Ukun Rukaendi. Ukun menegaskan, misi utama dari Kejurnas adalah untuk mencari bibit atlet berbakat dan regenerasi pemain. Sebab, para-bulutangkis Indonesia harus berlari cepat demi mengejar prestasi internasional. k22

Komentar