nusabali

De Gea Pergi, Warisan Ferguson di MU Habis

  • www.nusabali.com-de-gea-pergi-warisan-ferguson-di-mu-habis

MANCHESTER, NusaBali - Manchester United (MU) resmi ditinggal David de Gea pada musim panas ini. Dengan pindahnya De Gea, skuad Setan Merah saat juara Premier League 2013 tidak ada yang tersisa. Ya, warisan pemain oleh Sir Alex Ferguson pun juga habis dan tidak ada.

Ya, kontrak De Gea bersama MU berakhir pada 30 Juni 2023. Kiper 32 tahun itu sempat dirumorkan akan kembali dikontrak MU. Ternyata, tak ada kontrak baru bagi De Gea setelah berjalan seminggu. De Gea dan MU tak menemukan kesepakatan untuk ikatan kerja sama baru.

De Gea pun mengakhiri pengabdian 12 tahun di Old Trafford,. Pemain asal Spanyol itu meninggalkan Setan Merah sebagai legenda.

De Gea pergi dengan status bebas transfer, dan pihak klub mengonfirmasi kepergian De Gea pada Sabtu (8/7) malam WITA.

"David De Gea telah mengumumkan kepergiannya dari Manchester United. Hal itu mengakhiri masa tinggalnya selama 12 tahun di mana dia meraih serangkaian trofi dan penghargaan pribadi untuk memperkuat posisinya sebagai salah satu penjaga gawang terhebat dalam sejarah klub," tulis pernyataan klub

De Gea turut memberikan salam perpisahan via sosial media pribadinya. De Gea merasa sangat bangga bermain untuk klub sebesar MU. Dia juga menyampaikan pesan perpisahan kepada semua pendukung MU. Dia ingin mengungkapkan terima kasih dan apresiasi atas cinta yang diberikan selama 12 tahun terakhir.

"Kita mencapai banyak hal sejak Sir Alex Ferguson membawa saya ke klub ini. Saya sangat bangga setiap kali saya mengenakan seragam ini, memimpin tim, mewakili institusi ini, klub terbesar di dunia adalah kehormatan yang hanya diberikan kepada beberapa pesepakbola yang beruntung,” tulis De Gea.

De Gea merupakan rekrutan terakhir Sir Alex Ferguson di MU. Kiper asal Spanyol itu direkrut dari Atletico Madrid pada musim panas 2011.

De Gea membantu MU menjuarai Premier League pada musim 2012/2013, yang sekaligus gelar Premier league terakhir yang diraih Setan Merah.

Dengan keluarnya De Gea, maka tidak ada yang tersisa dalam skuat kejayaan MU pada 2013. Semuanya telah meninggalkan Old Trafford. Sebab  sebulan sebelumnya, MU juga berpisah dengan Phil Jones, bek asal Inggris yang berjuang dengan De Gea saat merebut gelar Premier League 2012/2013.

De Gea mempunyai karier yang lama di MU. Dia jadi kiper utama setelah didatangkan dari Atletico Madrid pada 2011. Selama membela MU, De Gea mencatatkan 545 penampilan di seluruh kompetisi. Dia mengemas 190 clean sheet.

Dea Gea sukses meraih enam gelar bersama MU, yakni satu trofi Europa League, satu trofi Liga Inggris, satu gelar FA Cup, dua trofi Piala Liga Inggris, dan satu trofi Community Shield.

Setelah  De Gea pergi, MU mencapai kesepakatan dengan kiper Inter Milan Andre Onana, yang diproyeksikan pelatih MU Erik Ten Hag untuk menggantikan posisi David De Gea di bawah mistar gawang. Ten Hag menggusur De Gea , karena dinilai tidak dapat mendistribusikan bola dengan baik.

Mantan pelatih Ajax Amsterdam itu menginginkan kiper yang mampu mendistribusikan bola sesuai taktiknya. Onana dinilai dapat mengambil peran kunci itu. Pasalnya dia pernah memperkuat Ajax Amsterdam di bawah asuhan Ten Hag.

De Gea gagal mengesankan pelatih aal Belanda itu dari segi distribusi bola pada musim ini, meski dinobatkan sebagai kiper terbaik Liga Inggris 2022/2023 karena mencatatkan cleansheet terendah. dengan catatan 17 laga tanpa kebobolan.

Ten Hag pun mengutarakan rasa terima kasihnya kepada De Gea.

Dia menilai De Gea sebagai sosok yang hebat, karena mampu bermain di klub sebesar MU untuk jangka waktu yang lama. 

"Butuh karakter dan kualitas luar biasa untuk main sekali bersama Manchester United," kata Ten Hag.  ant

Komentar