nusabali

Jadi Pelatih PSG, Enrique Tak Akan Boyong Pemain Barca

  • www.nusabali.com-jadi-pelatih-psg-enrique-tak-akan-boyong-pemain-barca

PARIS, NusaBali - Luis Enrique resmi menjadi pelatih Paris Saint-Germain (PSG). Meski punya hubungan baik dengan Barcelona, Enrique tidak akan mencoba memboyong pemain dari mantan klubnya itu.

Ya, PSG mengumumkan pengangkatan Enrique sebagai pelatih pada Rabu (5/7) sore WIB. Mantan pelatih AS Roma dan Barcelona itu menggantikan Christophe Galtier yang dipecat. Enrique dikontrak dua tahun dengan PSG, hingga Juni 2025.

Menurut Sport, Enrique tidak akan 'menyentuh' para pemain Barcelona dalam membangun timnya di PSG. Sejumlah pemain Barcelona memang menyeberang ke PSG dalam beberapa tahun terakhir.

Yang paling heboh saat PSG merekrut Neymar dari Barcelona pada 2017. Les Parisiens menebus klausul buy-out Neymar yang mencapai 222 juta euro.

Langkah Enrique ini menjadi kabar baik untuk Barcelona dan Xavi Hernandez. Beberapa pemain seperti Pedri, Gavi, dan Ousmane Dembele sempat dikaitkan dengan PSG.

Tanpa pemain Barca, Enrique dituntut memimpin PSG menjaga dominasinya di sepakbola Prancis. Dia juga dituntut memenangi Liga Champions. Pasalnya, Les Parisiens kerap memble meskipun dinakhodai pelatih-pelatih top seperti Carlo Ancelotti, Laurent Blanc, Unai Emery, dan Mauricio Pochettino.

Hasil terbaik PSG adalah sekali final yang dicapai pada 2020 saat dibesut Thomas Tuchel. Sedangkan PSG justru hancur-hancuran dalam dua musim terakhir usai terdepak di babak 16 besar.

Enrique pernah membawa Barcelona memenangi enam trofi utama, termasuk treble di 2015. Eks pelatih timnas Spanyol ini merasa tertantang memimpin PSG juara Liga Champions.

Enrique mengaku menyukai tekanan. Hanya karena rival-rival punya lebih banyak pengalaman, bukan berarti timnya tidak bisa bersaing dengan mereka di Liga Champions.

"Liga Champions itu sebuah target untuk kami. Menjadi ambisius di dalam hidup itu adalah sebuah hal yang bagus. Kami ingin mendapatkan yang terbaik dari tim, ini akan menjadi sebuah tantangan, tapi saya gembira mengambilnya," kata Enrique. *

Komentar