nusabali

Pilkel Tabanan Masuki Penetapan DPT

  • www.nusabali.com-pilkel-tabanan-masuki-penetapan-dpt

Sebanyak 14 desa di Tabanan yang akan menggelar Pemilihan Perbekel sedang memasuki tahapan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tambahan.

TABANAN, NusaBali
Pelaksanaan Pemilihan Perbekel (Pilkel) di 14 desa di Kabupaten Tabanan yang dijadwalkan pada Minggu (23/7) semakin dekat. Saat ini tahapannya sudah memasuki penetapan DPT (Daftar Pemilih Tetap) tambahan. 

Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)  Kabupaten Tabanan I Wayan Carma menyampaikan jika persiapan Pilkel di masing-masing desa sudah maksimal. "Pelaksanaan Pilkel masuk babak akhir sebelum nanti dilakukan pemungutan suara 23 Juli 2023," jelasnya, Kamis (6/7).
 
Dikatakan setelah proses  DPT Tambahan ini, pihaknya akan menggelar pemantapan teknis pemungutan suara pada Senin (10/7) mendatang. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk memastikan saat proses pemungutan suara berjalan lancar.  "Senin depan kami akan rapat untuk pemantapan teknis pemilihan, agar pada hari H lancar,” sebutnya.

Di sisi lain, seiring jadwal Pilkel mulai dekat, 11 kandidat incumbent sudah mulai cuti dan kursinya diisi oleh Plt. Sementara 3 incumbent lainnya tidak bertarung lagi karena sudah tiga periode, sehingga dipastikan semua calonnya pendatang baru. 

Tahapan berikutnya adalah dilakukan kampanye selama tiga hari mulai 18-20 Juli dan hari H pemilihan 23 Juli. "Persiapannya sudah  berjalan dengan baik, tinggal pelaksanaannya saja, semoga aman dan lancar,” harap Carma. 

Dan untuk menyukseskan Pilkel di 14 desa ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan melalui DPMD telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 613 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dalam bentuk Bantuan Keuangan Kepada Desa (BKK). Dana tersebut sudah dibagi secara proporsional ke masing-masing desa berdasarkan formula yang mengatur pelaksanaan Pilkel. 7des

Daftar 14 Desa yang melaksanakan Pilkel:
- Desa Megati, Kecamatan Selemadeg Timur
- Desa Mundeh Kauh, Kecamatan Selemadeg Barat
- Desa Angkah, Kecamatan Selemadeg Barat
- Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri
- Desa Kukuh, Kecamatan Marga
- Desa Marga Dajan Puri, Kecamatan Marga
- Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga
- Desa Baru, Kecamatan Marga
- Desa Biaung, Kecamatan Penebel
- Desa Mengesta, Kecamatan Penebel
- Desa Sangketan, Kecamatan Penebel
- Desa Bantiran, Kecamatan Pupuan
- Desa Jelijih Punggang, Kecamatan Pupuan
- Desa Perean Kangin, Kecamatan Baturiti 

Komentar