nusabali

Jumlah Pendeder Ikan di Bangli Menurun

  • www.nusabali.com-jumlah-pendeder-ikan-di-bangli-menurun

BANGLI, NusaBali - Di tengah kebutuhan benih ikan nila makin tinggi, namun pendeder ikan di Bangli makin menurun. Dari sebelumnya ada 15 pendeder ikan di Bangli, kini tersisa 9 pendeder.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli I Wayan Sarma mengatakan kebutuhan benih ikan di Bangli makin tinggi, khususnya petani ikan di kawasan Danau Batur. Kebutuhan benih ikan belum bisa terpenuhi keseluruhan. “Kebutuhan benih ikan di Danau Batur mencapai 25 juta ekor per tahun. Namun hanya mampu terpenuhi sekitar 70 - 80 persen," ungkapnya, Selasa (4/7).

Menurut Sarma, banyak petani ikan yang membeli benih ke luar Bangli, seperti Jembrana, Tabanan, dan Gianyar. Bahkan ada petani  ikan yang mendatangkan benih dari luar Bali. Turunnya jumlah pendeder ikan di Bangli akibat sejumlah faktor, seperti akibat menurunnya debit air di sejumlah subak. Dicontohkan, di Subak Manuk, karena debit air kecil, banyak pendeder beralih profesi. Selain itu, harga pakan ikan yang kerap naik. 

“Kami berupaya untuk kembali menumbuhkan pendeder. Namun keberadaan pertumbuhan pendeder akan dipengaruhi ketersediaan air,” ujarnya.7esa

Komentar