nusabali

Dunia Internasional Apresiasi CSR Pertamina di Bali

Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Borong Award Tingkat Nasional hingga Internasional

  • www.nusabali.com-dunia-internasional-apresiasi-csr-pertamina-di-bali

DENPASAR, NusaBali.com – Program CSR (Coorporate Social Responsibility) dari PT Pertamina Patra Niaga di Bali bukan hanya berbuah penghargaan dari dalam negeri. Penghargaan dari luar negeri pun diberikan oleh The Green Organization yang bermarkas di Inggris.

Pada ajang International CSR Excellence Awards yang diselenggarakan di St Paul's Cathedral, London pada 16 Juni 2023, Depot Pengisian Pesawat Udara Ngurah Rai, Integrated Terminal Manggis dan Terminal BBM Sanggaran berhasil meraih champion. 

Penghargaan yang ditandatangani Roger Wolens selaku founder The Green Organization,  diberikan atas program Eco Religion Waste Management untuk lokasi DPPU Ngurah Rai, Jejaring Ulakan di Integrated Terminal Manggis dan Konservasi Penyu di Serangan untuk Lokasi Fuel Terminal Sanggaran. 

Program CSR yang menelan anggaran Rp 1,5 miliar itu menerapkan prinsip sustainability dan multiplier effect meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar. Alhasil dunia internasional memberi pengakuan dan apresiasi dalam bentuk award.

Penghargaan tersebut diraih bersama 4 instalasi Pertamina lainnya di Jawa Timur yakni DPPU Juanda, Terminal BBM Tuban, Integrated Terminal BBM Surabaya dan Tanjung Wangi Banyuwangi.

Sebagai informasi, The Green Organization yang berbasis di United Kingdom (UK), merupakan sebuah kelompok lingkungan internasional, independen, nirlaba, dan non-politik.

Didirikan pada 1994, organisasi ini mengakui, memberikan penghargaan, dan mempromosikan praktik terbaik tanggung jawab sosial di seluruh dunia.

Sementara itu penghargaan tingkat nasional predikat ‘Gold’ dalam kategori ‘Biodiversity Conservation’ juga berhasil diraih Terminal BBM Sanggaran dalam penganugerahan yang diselenggarakan Prospectus.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Steering Committee dan Manager of Environmental Development Pillar National Secretariat of Sustainable Development Goals (SDGs) Implementation Prospectus di Ballroom The Sunan Hotel Solo pada 22 Juni 2023. 

Sebelumnya Fuel Terminal Sanggaran melakukan diseminasi paper ilmiah pada National Confrence of Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) dengan judul Program CSR Turtle Conservation and Education Center (TCEC) Serangan sebagai Upaya Pelestarian Penyu Pulau Serangan, Bali dengan topik ‘Inovasi Berkelanjutan Pengelolaan Keanekaragaman Hayati’ sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina. 

Diseminasi ini sendiri mendapatkan predikat best presenter dalam conference tersebut. Program ini telah kali kedua mendapatkan penghargaan setelah awal bulan Juni lalu mendapatkan penghargaan pada ajang Top CSR Award yang diselenggarakan oleh Top Business, PT Madani Solusi Internasional - MSI Group.

“Hingga kini sudah 44 penyu berhasil dikonservasi dan dilepasliarkan sejak tahun 2017. Kolaborasi nyata bersama kelompok TCEC dalam upaya penyelamatan penyu di Pulau Bali diharapkan dapat menjadi inspirasi pada setiap stakeholder yang memiliki perhatian yang sama terhadap peningkatan keanekaragaman biodiversitas di Indonesia,” jelas Adhi Sadewo Broto, Fuel Terminal Manager Sanggaran.

Area Manager Comm Rel & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi menjelaskan pelaksanaan program TJSL Pertamina sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs) dengan semangat Energizing Community. 

Ahad Rahedi menegaskan Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan. Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program TJSL terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.

“Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kami, khususnya PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Fuel Terminal Sanggaran untuk terus melaksanakan program-program CSR dalam TJSL yang berdampak baik bagi internal perusahaan, masyarakat dan lingkungan. 

"Pada kesempatan ini tentunya kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada jajaran pemerintah terkait, lembaga sosial kemasyarakatan serta kelompok masyarakat yang terus berdampingan bersama Pertamina dalam mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat,” tutup Ahad.

Komentar