nusabali

Mayoritas Pedagang Setuju Revitalisasi Pasar Tabanan

  • www.nusabali.com-mayoritas-pedagang-setuju-revitalisasi-pasar-tabanan

TABANAN, NusaBali - Rencana revitalisasi Pasar Tabanan pada 2024 mendatang, masih proses kelengkapan sejumlah laporan. Terakhir telah dilakukan uji publik bersama para pedagang Pasar Tabanan. Hasil dari uji publik tersebut di atas 86 persen pedagang setuju Pasar Tabanan seluas 1,6 hektare tersebut direvitaliasi.

Kepala Badan Perencanaan, Penilitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Tabanan I Gede Urip Gunawan seizin Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya mengatakan, tahapan pembangunan Pasar Tabanan masih panjang. Artinya ada sejumlah pembahasan yang harus dituntaskan.

"Kemarin baru selesai uji publik, kemudian ada tahapan laporan akhir, kemudian tahap penyiaran, lalu ada tahap penyiapan dokumen laporan selama 4 bulan. Juli laporan penyiapan ditarget selesai," ujarnya, Senin (3/7). 

Menurutnya setelah nanti proses penyiapan dokumen selesai kembali lagi Pemkab Tabanan meminta bantuan kepada Bappenas dalam proses perencanaan revitalisasi.  "Setelah nanti rampung perencanaan segala konsep dan lain-lain baru dilakukan pemenuhan administrasi dan barulah konstruksi bangunan. Ini maksudnya masih lama, kira-kira untuk ke tahap konstruksi tahun depan (2024) sudah bisa, untuk bulannya belum," tegas Urip. 

Dia menambahkan dalam proses revitalisasi terutama hasil uji publik yang sudah dilakukan sebelumnya sebagian besar pedagang setuju. Dari hasil kuesioner, di atas 86 persen pedagang sudah setuju. Tinggal permintaan mereka sosialisasi mengenai revitalisasi digencarkan. 

"Di atas 86 persen padagang setuju untuk revitalisasi Pasar seluas 1,6 hektare. Revitalisasi ini tak hanya bagian pasar yang di tengah, tetapi juga bangunan yang berada di barat jalan hingga selatan jalan menjadi bagian dari revitalisasi karena itu adalah tanah Pemda Tabanan," tandas Urip Gunawan. 

Sebelumnya Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya menegaskan Pasar Tabanan atau yang bakal digaungkan menjadi Pasar Induk Gadarata Singsana bakal dibangun 2024. Prosesnya itu masih panjang dan masih tahap pengkajian. Rencananya konsep pembangunan pasar sesuai kebutuhan masyarakat. 7des

Komentar