nusabali

Lestarikan Lingkungan Hidup. Soetantyo Foundation Tanam 1.000 Bibit Bakau di Pantai Mertasari Sanur

  • www.nusabali.com-lestarikan-lingkungan-hidup-soetantyo-foundation-tanam-1000-bibit-bakau-di-pantai-mertasari-sanur

DENPASAR, NusaBali.com - Dalam rangka menjalankan visi misinya untuk terus berkomitmen dalam ikut ‘merawat’ berbagai pilar kehidupan di Indonesia, salah satunya Lingkungan Hidup, Soetantyo Foundation mendukung program pemerintah dalam hal pelestarian alam guna pencegahan erosi, dengan melakukan penanaman 1.000 bibit bakau (mangrove) di Taman Inspirasi, Pantai Mertasari, Sanur, Bali, Minggu (2/7/2023).

“Soetantyo Foundation sangat mendukung gerakan yang berhubungan dengan bidang  Lingkungan Hidup, kami melakukan usaha-usaha untuk melestarikan lingkungan hidup agar keberadaannya di alam tetap serasi dan seimbang,” jelas Dicky Hernawan, Ketua Soetantyo Foundation. 

Soetantyo Foundation didirikan pada 13 Maret 2023, merupakan komitmen Keluarga Besar Budi Soetantyo untuk turut serta dalam terbangun dan terpeliharanya beberapa pilar di Indonesia, yaitu Pendidikan, Kesehatan, dan Lingkungan Hidup. 

Dalam bidang Lingkungan Hidup, Soetantyo Foundation ikut berpartisipasi aktif bersama masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

Pemerintah memperhatikan masalah lingkungan dan telah menetapkan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove melalui Perpres Nomor 120 Tahun 2020, serta mendorong pihak non pemerintah untuk dapat menyelesaikan rehabilitasi lahan kritis bakau di seluruh provinsi  dengan mengacu kepada one map mangrove nasional. 

Upaya besar-besaran penanaman bakau dalam waktu singkat sampai dengan tahun 2024 sejalan dengan visi  misi pembangunan pemerintah, untuk pembangunan ekonomi yang berwawasan lingkungan dan membangun serta memulihkan lingkungan. 

“Program penanaman bakau ini adalah untuk mendukung program pemerintah terkait pelestarian lingkungan hidup dengan tujuan menjaga keberlangsungan ekosistem laut, dan membantu melindungi pantai dari erosi. Gerakan ini adalah bagian dari komitmen The Soetantyo Foundation untuk Indonesia yang lebih baik,” tambah Dicky. 

Penanaman bibit bakau ini juga didukung oleh desa adat Intaran di Bali, melalui Manajemen Pantai Inspirasi.

Komentar