nusabali

16 Warga Bengkala Dilatih Tata Rias

  • www.nusabali.com-16-warga-bengkala-dilatih-tata-rias

SINGARAJA, NusaBali - 16 warga Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, mendapatkan pelatihan keterampilan bidang tata rias. Pelatihan tentang teknik dan praktik tata rias ini selama sebulan, Selasa (27/6) - Kamis (27/7).

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Buleleng Komang Sumertajaya, setelah membuka pelatihan Senin (26/6) kemarin, mengatakan paket pelatihan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan angka pengangguran terbuka. Setelah mengikuti pelatihan, peserta memiliki kompetensi yang siap bersaing di dunia kerja.

Jelas Sumertajaya, jenis pelatihan yang dipilih yakni tata rias menyesuaikan dengan kondisi masyarakat setempat. Keterampilan tata rias yang menyasar kaum perempuan saat ini sedang booming dengan sejumlah tren kekinian. Baik untuk acara pernikahan, acara resmi hingga acara-acara non formal lainnya. Tingginya pengguna dan permintaan jasa tata rias belakangan ini pun menjadi peluang besar untuk membuka lapangan kerja sendiri. "Setelah pelatihan ini, peserta bisa berkerja atau membuka usaha bidang tata rias ini," terang Sumertajaya.


Perbekel Desa Bengkala I Made Astika mengapresiasi program peningkatan kualitas SDM yang menyasar warga desa. Keterampilan yang didapatkan warganya diharapkan dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi mandiri di lingkup desa. "Pelatihan ini tentu sangat bermanfaat bagi warga kami disini. Terutama peluang kerja kedepannya akan terbuka lebih lebar kalau mereka memiliki keahlian atau keterampilan," kata Astika.

Salah seorang peserta, Luh Sriwasih mengaku antusias mengikuti pelatihan ini. Pelatihan tata rias bagi perempuan merupakan keterampilan wajib yang harus dimiliki. Minimal keterampilan ini bisa digunakan sendiri.

"Minimal kalau ada acara yang memerlukan jasa tata rias, tidak lagi mendatangkan dari luar, bisa menggunakan jasa warga desa yang sudah terlatih. Mudah-mudahan kedepannya ada dukungan pemerintah lagi terutama untuk sarana prasarana pendukung untuk membuka usaha tata rias ini," harap Sriwasih.7k23

Komentar