nusabali

Gerai GPM Tekan Harga Pangan

  • www.nusabali.com-gerai-gpm-tekan-harga-pangan
  • www.nusabali.com-gerai-gpm-tekan-harga-pangan

SINGARAJA, NusaBali - Gerai Gerakan Pangan Murah (GPM) dibuka Pemkab Buleleng, Senin (26/6), di Jalan Sawo, kawasan Pasar Anyar, diserbu masyarakat.

Harga sejumlah kebutuhan pokok yang disiapkan lebih rendah dibandingkan harga di pasaran. GPM digelar serentak di 300 kabupaten/kota se Indonesia untuk menekan harga pangan menjelang Hari Raya Idul Adha.

Sejumlah bahan pangan dan kebutuhan pokok disediakan. Mulai dari beras, telur ayam, daging, minyak goreng, cabai, bawang merah, bawang putih hingga buah lokal. Ada juga beberapa produk olahan pangan produksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana di sela-sela GPM menyebutkan, GPM yang dilaksanakan serentak oleh Badan Pangan Nasional ini untuk memastikan ketersediaan dan pasokan pangan di daerah aman. Selain juga untuk mengupayakan harga pangan tidak mengalami peningkatan dan dapat dijangkau masyarakat. "Pemerintah melalui kegiatan ini bukan menjadi kompetitor pedagang pangan di pasar. Tetapi akan bersinergi dalam menstabilkan ketersediaan dan harga pangan," terang Lihadnyana.


Menurutnya, saat ini harga pangan di Kabupaten Buleleng masih stabil jelang hari raya Idul Adha. Bahkan harga beberapa komoditas, seperti beras dan cabai yang sebelumnya naik, kini berangsur turun. Meskipun demikian, dia meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Buleleng untuk terus melakukan pemantauan harga. Sebab harga pangan rentan naik jika terjadi peningkatan permintaan pasar saat hari raya.

Salah seorang masyarakat Buleleng, Ketut Kariani mengaku sengaja menyempatkan diri untuk datang ke GPM, setelah mendengar pengumuman sehari sebelumnya. Meski selisih harga lebih murah Rp 2.000 - Rp 3.000/kg tiap komoditas, menurutnya sangat berpengaruh pada pembukuan dapur ibu rumah tangga.

Gelar pasar tersebut juga diisi dengan penyerahan bantuan pangan secara simbolis kepada 52.334 keluarga penerima manfaat. Bantuan diserahkan oleh Pj Bupati Lihadnyana, didampingi Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna.7k23

Komentar