nusabali

Keragaman Budaya Betawi Disuguhkan di PKB

  • www.nusabali.com-keragaman-budaya-betawi-disuguhkan-di-pkb
  • www.nusabali.com-keragaman-budaya-betawi-disuguhkan-di-pkb

DENPASAR, NusaBali - Pengunjung Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-45 disuguhkan aneka kesenian Betawi yang tampil memukau di Kalangan Ayodya, Taman Budaya Bali (Art Center) pada Rabu (21/6) malam.

Bertajuk 'Betawi Dalam Bhinneka Tunggal Ika', tak hanya kesenian khas Betawi yang ditampilkan, namun juga berbagai kesenian yang dimiliki Nusantara. 

Sanggar Sampan Bujana Sentra berkolaborasi dengan Sanggar Widya Budaya menjadi tim delegasi kesenian DKI Jakarta dalam memeriahkan PKB Tahun 2023. 


Pada bagian pertama, para penampil terlebih dahulu menunjukkan kekayaan Seni Betawi dengan menampilkan tari-tarian khas Betawi seperti Medley Tari Lenggang Nyai dan Kembang Kemayoran, Tari Ronggeng Blantek, Tari Ondel-Ondel, hingga Tari Jali-Jali dan mengajak para tamu yang hadir untuk joget/ngibing dan menari bersama.

Rofiqoh Mustafah, Kabid Pemanfaatan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta didampingi Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Arista mengatakan, dengan pentas kesenian di PKB, pihaknya berharap bisa mempromosikan budaya Betawi di Bali, sehingga makin banyak yang tahu dengan kesenian Jakarta ini. Kata dia, sesungguhnya kesenian khas Betawi banyak jenisnya. 

"Jadi yang ditampilkan hari ini adalah beberapa kesenian Betawi, dari yang sesungguhnya beragam. Kita ingin mempromosikan budaya Betawi di Bali. Sehingga makin banyak yang tahu kesenian kami," pungkasnya. 7 cr78

Komentar