nusabali

Pertama Kali Wakili Badung di PKB XLV, Sanggar Seni Suda Wirad Pentaskan Topeng Bondres

  • www.nusabali.com-pertama-kali-wakili-badung-di-pkb-xlv-sanggar-seni-suda-wirad-pentaskan-topeng-bondres
  • www.nusabali.com-pertama-kali-wakili-badung-di-pkb-xlv-sanggar-seni-suda-wirad-pentaskan-topeng-bondres

DENPASAR, NusaBali - Setelah resmi dibuka Minggu (18/6), Duta Kabupaten Badung berkesempatan tampil di hari kedua gelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Tahun 2023, Senin (19/6).

Duta Kabupaten Badung yakni Sanggar Seni Suda Wirad, Banjar Pipitan, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Badung tampil apik dalam pergelaran Topeng Bondres yang diselenggarakan di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali (Art Center).

Adapun cerita yang diangkat pada pagelaran Topeng Bondres, yaitu ritual sejarah awal mula keberadaan Pura Batu Bolong, Desa Canggu. Dengan durasi penampilan lebih dari satu jam, sanggar Seni Suda Wirad tampil dengan garapan yang sangat apik.


Pembina seniman Topeng Bondres Duta Badung Nyoman Wija, mengaku penampilan wakil dari Desa Canggu di PKB tahun ini merupakan momentum pertama kalinya. Penampilan Desa Canggu mewakili Badung ini setelah ada arahan langsung dari Bupati Badung. “PKB ini menjadi ajang yang ditunggu oleh seluruh seniman yang ada di Bali,” ujarnya.

Kepala Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung Kadek Sandra Widari, mengatakan sebelum tampil di ajang PKB, Bondres Duta Badung sudah melalui pemilihan seleksi yang panjang. Proses seleksi dilakukan langsung Dinas Kebudayaan Badung.

Tahap latihan sebagai persiapan tampil di ajang PKB tahun ini sudah dilakukan jauh-jauh hari. Pastinya dimulai sejak SK penunjukan turun dari Dinas Kebudayaan atas nama Bupati Badung. “Januari 2023 sudah dilakukan pembinaan,” ucap Sandra. @ ind

Komentar