nusabali

Ketua PMI Gugah Palang Merah Remaja Bangkitkan Jiwa Menolong

  • www.nusabali.com-ketua-pmi-gugah-palang-merah-remaja-bangkitkan-jiwa-menolong

GIANYAR, NusaBali - Ketua PMI Kabupaten Gianyar Ni Made Ratnadi melantik pengurus dan anggota Palang Merah Remaja (PMR) SMPN 4 Sukawati, Selasa (20/6).

Srikandi DPRD Kabupaten Gianyar ini menggugah anggota PMR membangkitkan jiwa menolong. Dikatakannya, Palang Merah Remaja adalah salah satu ekstra kurikuler di sekolah yang cocok bagi siswa yang tertarik dengan dunia kesehatan. Selain itu, ikut PMR juga membantu siswa belajar hidup sehat serta meningkatkan jiwa sosial dan tolong menolong. 

Sementara anggota PMR adalah siswa terpilih, siswa terbaik yang memiliki jiwa sosial kemanusiaan yang tinggi. "Kalau melihat orang jatuh di sekolah, di jalan atau di manapun bangkitkan jiwa menolong tanpa melihat siapa dia darimana dia. Seseorang yang layak dibantu, bantulah. Berbuatlah baik karena hati, bukan karena sesuatu," pesannya kepada 58 anggota PMR yang dilantik. 


Ketua Komisi IV DPRD Gianyar ini mengapresiasi antusias puluhan siswa menggeluti dunia kepalangmerahan. Hanya saja dari 58 anggota baru, didominasi perempuan. "Presentase laki perempuan jauh timpang. Ke depan perlu kita edukasi lagi agar siswa laki-laki juga tertarik untuk bergabung," jelas Ratnadi.

Pembina PMR SMPN 4 Sukawati Ade Emelan Tantri Melani mengatakan, anggota PMR baru ini telah mendapatkan pembekalan 7 materi PMR. Serangkaian pelantikan juga digelar kegiatan traveling kepalangmerahan sebagai media evaluasi teori dan praktek dari materi yang mereka pelajari. "Acara berlangsung dua hari, Senin (19/6) dan Selasa (20/6). 

Ada beberapa pos pelatihan, permainan, mencari jejak, praktek penanganan orang pingsan, cuci tangan yang benar, kepemimpinan, donor darah, kepalangmerahan, bencana alam serta pendidikan remaja sebaya," jelas Ade. 7 nvi

Komentar