nusabali

Sempat Lolos, Anjing Positif Rabies Divaksinasi

  • www.nusabali.com-sempat-lolos-anjing-positif-rabies-divaksinasi

BANGLI, NusaBali - Dinas Pertanian, Ketahan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli kembali melakukan vaksinasi rabies di wilayah Banjar Tingkad Batu, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Bangli, Sabtu (17/6).

Sejatinya vaksinasi sudah sempat dilakukan sebulan lalu. Namun ada anjing yang luput dari vaksin dan anjing tersebut telah terjangkit rabies. 

Kepala Dinas PKP Bangli, I Wayan Sarma menjelaskan, beberapa hari lalu sempat terjadi kasus gigitan anjing di Banjar Tingkad Batu. Setelah dilakukan pemeriksaan labolatorium, anjing tersebut positif rabies. Sebagai tindak lanjut, pihaknya melaksanakan vaksinasi dan eliminasi selektif tertarget. 


Menurut Sarma, anjing yang divaksin tidak terlalu banyak. Mengingat sebulan lalu di wilayah tersebut sudah dilakukan kegiatan vaksinasi. "Anjing yang positif sebelumnya luput dari vaksin. Pemilik anjing beralasan jika saat dilakukan vaksinasi tidak ada di rumah. Anjing tersebut akhirnya belum tervaksin," jelas Sarma.

Dikatakan Sarma, kesadaran masyarakat mulai meningkat. Pada pelaksanaan vaksinasi ini masyarakat langsung membawa anjing.  Sarma tidak menampik, akhir-akhir ini kasus rabies kecenderungan bertambah. "Untuk bulan ini saja ada 4 kasus gigitan anjing positif," ujar Sarma. 

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap cinta pada anjing secara sepenuhnya. Tidak hanya sekedar memberikan makan tetapi juga dirawat serta dilakukan vaksinasi setiap tahunnya. 7 esa.

Komentar