nusabali

Pura Dalem Bongan Puseh Disatroni Maling

  • www.nusabali.com-pura-dalem-bongan-puseh-disatroni-maling

TABANAN, NusaBali - Krama Desa Adat Bongan Puseh, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan dibuat resah. Ini menyusul adanya dugaan pencurian di Pura Dalem yang mengambil uang sesari. Tak hanya sesari, di Desa Bongan juga terjadi pencurian sepeda motor.

Uang sesari yang diambil tak banyak hanya uang recehan. Namun kejadian ini pun membuat krama was-was. Bahkan untuk mengantisipasi kejadian serupa, Desa Adat rencananya akan memasang CCTV. 

Bendesa Adat Bongan Puseh, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan I Gusti Putu Sukarata mengatakan peristiwa dugaan pencurian ini diketahui saat rahina Tumpek Landep pada Sabtu, 3 Juni  lalu. 

Saat itu pemangku Pura Dalem melihat ada bekas injakan kaki di Bale Pemiosan. Kebetulan cuaca saat itu hujan gerimis. "Kondisi ini pun dilaporkan ke saya, kemudian saya minta pecalang mengecek ternyata uang receh di kotak sesari hilang," jelasnya, Rabu (14/6). 

Akibat kejadian ini membuat krama waspada. Bahkan berencana bakal memasang CCTV di dua titik lokasi. Selain itu bakal mengetatkan pecalang untuk ronda. "Perihal kejadian ini kami belum lapor polisi, rencana akan melaporkan ke Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang ada di desa," jelas Sukarata. 

Selain akan memasang CCTV, secara niskala krama telah menghaturkan upacara mapiunang di Pura Dalem dengan harapan tidak terjadi hal serupa dan maling bisa cepat tertangkap. "Kami perkirakan maling ini panjat tembok panyengker di Utamaning Mandala Pura arah utara, kebetulan panyengker lebih rendah," katanya. 

Sementara itu aksi pencurian sepeda motor ini terjadi Selasa (13/6) dini hari di Banjar Bongan Jawa, Desa Bongan. Polisi pun masih menyelidiki kasus tersebut sebab motor yang hilang ada di pinggir jalan. 

Kapolsek Kota Tabanan Kompol I Nyoman Wiranata mengatakan kasus pencurian di Pura Dalem Bongan belum ada laporan. Laporan baru diterima yang kasus pencurian sepeda motor di Banjar Bongan Jawa. "Pencurian sepeda motor kita masih sedang lidik, peristiwanya Selasa dini hari," katanya. 7des

Komentar