nusabali

Dalmas Polres Badung Latihan Hadapai Situasi Genting

  • www.nusabali.com-dalmas-polres-badung-latihan-hadapai-situasi-genting

MANGUPURA, NusaBali - Kompi kerangkan Pengendalian Massa (Dalmas) Polres Badung menggelar latihan di Lapangan Umum Mengwi, Desa/Kecamatan Mengwi, Badung, Senin (12/6) pagi. 

Latihan ini ditingkatkan untuk terus mengasah kemampuan anggota Polres Badung dalam menghadapi situasi genting pada Pemili serentak 2024. Latihan tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Samapta Polres Badung AKP I Wayan Sukarya. 

AKP I Wayan Sukarya mengatakan latihan Dalmas kini rutin digelar sebagai upaya menguasai Perkap Nomot 1 tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan. Mulai dari tindakan pencegahan, perintah lisan, kendali tangan kosong lunak, kendali tangan kosong keras, kendali senjata tumpul atau alat lain sesuai standar Polri. 


Sehingga kendali dengan menggunakan senjata api atau alat lain yang menghentikan tindakan atau perilaku pelaku kejahatan atau tersangka yang dapat menyebabkan kematian bagi anggota Polri atau masyarakat. "Tidak lama lagi kita akan memasuki Ops Mantap Brata Pemilu serentak tahun 2024. Latihan Dalmas ini dalam rangka antisipasi Konflik Sosial menjelang Pemilu 2024," ungkap AKP I Wayan Sukarya seijin.

Latihan yang digelar ini melibatkan seluruh anggota Polres Badung, termasuk yang ada di Polsek jajaran ini agar semakin siap dalam mengamankan rangkaian tahapan Pemilu yang saat ini sudah dimulai. "Kita antisipasi berkembangnya isu-isu terkait dengan Pemilu 2024. Selain itu antisipasi konflik di masyarakat seperti sengketa tanah, adat, dan sebagainya," tuturnya. 

Sebagai alat negara yang bertugas memelihara Kamtibmas dalam mengayomi, melindungi, dan melayani masyarakat, tentu saja harus siap dalam melaksanakan tugas guna menjaga situasi yang aman dan kondusif. Dirinya juga juga mengingatkan seluruh anggota Dalmas untuk selalu menjaga kesehatan, kebugaran, ketahanan fisik, sehingga tetap siap dan bisa melaksanakan tugas dengan baik. 7 pol

Komentar