nusabali

Kompetisi Bartender di 5 Kota Cari Best of The Best se-Indonesia

  • www.nusabali.com-kompetisi-bartender-di-5-kota-cari-best-of-the-best-se-indonesia
  • www.nusabali.com-kompetisi-bartender-di-5-kota-cari-best-of-the-best-se-indonesia

MANGUPURA, NusaBali.com – Setelah digeber di Bali, kompetisi bartender ‘The H Day Mixology Competition 2023’ akan berlanjut di empat wilayah di Indonesia. Harapannya, event yang digagas oleh Himpunan Bartender Indonesia (HBI) mampu melahirkan bartender-bartender berbakat dan berkualitas.

Pada Seri I di Bali yang dilangsungkan di W-Atlas Superclub Bali pada Senin (17/4/2023) lalu, menghasilkan Dimas Rio Gaku dari The Social Seminyak sebagai juara I. Posisi Juara II  diraih I Gusti Ngurah Gde Jimmy (Savaya Bali) dan Juara III, I Putu Aris Septiawan (The Shady Fox).

Selanjutnya kompetisi ini akan berlanjut di Velvet Club Surabaya pada Senin (19/6/2023), lalu Gold Dragon Semarang pada Rabu (21/6/2023), kemudian berlanjut di Kota Bandung pada Senin (17/7/2023) dan di Jakarta pada Kamis (20/7/2023) mendatang.

Kompetisi sengaja tidak di ruang lingkup wilayah Bali saja, namun juga se-Indonesia.
 
“Gelaran ini bertujuan untuk meningkatkan skill dan knowledge para bartender Indonesia. Kami ingin mengadakan suatu event yang sangat dinanti oleh para bartender,” kata Ketua Umum HBI, Bayu Hendra, Senin (12/6/2023).

Selain mengasah skill bartender, ajang ini dimaksudkan juga untuk  mengedukasi para bartender muda menunjukkan keberanian berkompetisi.

Dengan mengikuti ajang perlombaan, para bartender akan memiliki pengakuan dari segi skill yang mereka miliki dan dapat mengupgrade dari sisi jenjang karier mereka di perusahaan.

“Mudah-mudahan dengan seringnya ada event ini regenerasi selanjutnya ingin menjadi seorang bartender profesional. Karena dari sisi hospitality, skill yang mereka punya juga harus diimbangi dari attitude. Seorang bartender juga harus memikili manner,” tambahnya.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti gelaran tersebut,  disepakati kuota 20 peserta di masing-masing daerah. Nantinya, Juara I dan Juara II di masing-masing daerah, akan mewakili masing-masing kota yang nantinya akan tampil di acara Grand Final The H Day Mixology Competition 2023 pada September mendatang.

“Untuk grand final nanti belum kami tetapkan lokasinya antara di Bali atau di Jakarta. Nanti Best of The Best dari gelaran ini, rencananya akan kami berangkatkan ke event internasional, namun akan kami bicarakan dulu ke asosiasi bartender di Asia, baru bisa diberangkatkan,” tuturnya.

Panitia Acara, Oka Angga Swara Putra menambahkan partisipasi peserta di setiap daerah sangat antusias. Semangat peserta untuk ikut bergabung dalam gelaran tersebut pun, terang Oka sampai membludak.

“Minat peserta termasuk overload sampai waiting list. Ini merupakan suatu kebanggaan HBI. Jadi antusias teman-teman yang ada di luar Bali pun amat sangat besar. Nanti akan kami seleksi lagi beberapa peserta yang sudah mendaftarkan agar bisa menampilkan yang terbaik,” bebernya.

Dalam kesempatan yang sama, Master Blender PT Mulia Dewata Gemilang, Yos Malelak mengungkapkan ketertarikannya ikut bekerjasama dengan HBI dalam gelaran tersebut.

“Kenapa tertarik, HBI itu sendiri membuat kompetisi yang bergengsi. Kami ingin menjadi sponsor dalam gelaran ini, selain untuk menambah bartender yang berkelas dan berkualitas, namun ke depannya kami ingin mengenalkan produk kami ‘H Gin’ (minuman produk baru, Red) tidak kalah dengan produk luar atau impor,” tutur Yos.

Perusahaan mikol yang sudah memiliki legalitas di Bali itu ingin melebarkan sayapnya ke luar Indonesia. Yos berharap, produk dalam negeri bernama ‘H Gin’ dapat dikenal dan disukai oleh masyarakat luas dengan market internasional.

“Pertama, kami di sini harus memperkenalkan produk kami. Banyak produk impor yang menekan kompetisi di Indonesia, kami ingin produk lokal juga digunakan untuk kompetisi. Tentu, kami juga mendukung kualitas bartender Indonesia tidak kalah dengan bartender luar,” pungkasnya. *ris



Komentar