nusabali

HUT Ke-9 ABA dan HUT Ke-5 HBI Bernuansa Bakti Sosial

  • www.nusabali.com-hut-ke-9-aba-dan-hut-ke-5-hbi-bernuansa-bakti-sosial

MANGUPURA, NusaBali.com – Asia Bartender Association (ABA) dan Himpunan Bartender Indonesia (HBI) menyambut perayaan hari jadinya ke-9 dan ke-5 dengan menggelar berbagai kegiatan sosial.

Ketua Umum HBI, Bayu Hendra menerangkan pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan sejak bulan Januari silam. Diawali persembahyangan bersama di Pura Sakenan dan Pura Luhur Candi Narmada Tanah Kilap pada Sabtu (21/1/2023). 

“Kami di sana menyampaikan kepada ‘Beliau’ agar sesuatu ke depan kegiatannya kami dapat berjalan lancar,” ujar Bayu Henda saat press conference di Solia Legian Bali Hotel, Legian, Badung, Jumat (10/2/2023) siang.

Kata Bayu, rangkaian kegiatan dilanjutkan pada Minggu (29/1/2023) dengan menggelar acara  malukat atau pembersihan diri di Griya Dalam Watukeminten Denpasar. 

Selanjutnya Jumat (10/2/2023) ini dilakukan kegiatan sosial donor darah yang diikuti oleh seluruh keluarga HBI, ABA, karyawan Solia Legian Bali Hotel, dan juga masyarakat umum. Tak hanya itu, sejumlah burung juga dilepaskan agar bisa terbang bebas mengudara. 

Pelepasan burung itu disebutkan Bayu sebagai sebuah tematik yang mana memiliki filosofi jika burung-burung itu bisa bebas terbang tinggi. Diharapkan dengan tematik yang mereka ambil bisa menjadikan salah satu kebesaran untuk ABA dan HBI ke depan.

Kegiatan akan terus berlangsung sebelum puncak perayaan pada Rabu (22/2/2023) mendatang. Pihaknya akan menggelar kegiatan sosial dengan mengunjungi atau berdonasi beberapa tempat yang terbagi menjadi 4 kategori yaitu panti jompo, panti asuhan, anak penyandang kanker, dan penyandang disabilitas pada 17-18 Februari mendatang. 

“Jadi HUT tahun ini kita ingin segala sesuatu yang kami buat dan kami sepakat di HUT ke-5 ini kegiatannya lebih menyasar ke saudara kita yang lebih membutuhkan. Mudah-mudahan bisa terealisasi. Nantinya anak yatim piatu yang berprestasi akan kami undang pada puncak perayaan untuk diberikan bantuan beasiswa pendidikan,” jelasnya.

Banyaknya anak yatim piatu yang akan mendapatkan bantuan beasiswa pendidikan, kata Bayu, akan menyesuaikan dengan alokasi dana yang mereka miliki. Namun, Bayu membeberkan setiap tahun pihaknya selalu melakukan kegiatan sosial tersebut dan dengan tegas mengatakan kegiatan itu tidak akan terputus sampai di sini. 

“Untuk biaya pendidikan ini adalah harapan besar kami. Setiap tahun kami pasti lakukan kegiatan sosial ini secara berkala dan a tidak ingin ini putus di tengah jalan. Mudah-mudahan HBI tidak putus memberi kepada orang yang memang benar-benar membutuhkan,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, President ABA, Agung Yoga mengatakan dirinya sangat bangga dengan HBI. Sejak didirikan pada tahun 2017, HBI kata Agung Yoga, memiliki visi misi sangat jelas dan konsisten. 

“Jadi saya sangat mengharapkan dan diimplementasikan hubungan baik antara manusia dan tuhan dan serta hubungan baik antar yang lainnya. Hal ini sudah kami implementasikan dengan nyata sesuai dengan visi dan misi,” jelas Agung Yoga.

Ia pun turut berharap, ABA dan HBI terus bergandengan dengan konsisten untuk bisa membangun Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya bartender Indonesia agar lebih baik dan bisa bersaing di kancah internasional.

“SDM kita di Bali luar biasa, sudah tidak bisa diragukan lagi karena sudah terbukti orang-orang lokalnya pernah juara di nasional bahkan di Asia. Kami sudah tua saat ini, sehingga berharap ada regenerasi ke depannya. Karena kami  tidak ingin hanya di sini, tetapi berharap Indonesia bisa menjadi top 1 di Asia. Kami yakin lima tahun ke depan akan menjadi yang nomor satu,” harapnya. *ris
 





Komentar