nusabali

KPU Badung Tuntaskan Vermin Bacaleg

  • www.nusabali.com-kpu-badung-tuntaskan-vermin-bacaleg

MANGUPURA, NusaBali - KPU Kabupaten Badung telah menuntaskan verifikasi administrasi (vermin) terhadap 546 bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Badung dari 17 partai politik (parpol) yang mengajukan daftar calon.

“Sejauh ini, proses vermin sudah 100 persen. Tinggal memberikan catatan dari dokumen pencalonan yang telah diajukan 17 parpol,” kata Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta alias Kayun ketika dikonfirmasi, Minggu (11/6/2023) sore.

Kayun menjelaskan, peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Badung hanya terdiri dari 17 parpol. Sebab, Partai Ummat tidak mengajukan daftar bacaleg kepada KPU Badung selama masa pendaftaran.

Dari 17 parpol tersebut, telah direkapitulasi jumlah bacaleg yang bakal bertarung di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 sebanyak 528 orang sesuai daftar calon yang diajukan hingga Minggu (14/5/2023) lalu. Namun, petarung Pileg Badung bertambah ketika DPD Partai Perindo Badung menambah amunisi mereka sebanyak 18 bacaleg.

”Nanti setelah Rabu (23/8/2023), akan kami jadwalkan pertemuan dengan 17 parpol peserta Pemilu 2024 di Badung,” imbuh Ketua KPU Badung dari kalangan pekerja pariwisata yang berpenampilan plontos.

Proses penggodokan dokumen pencalonan ini bakal terus berlanjut hingga seorang bakal calon laik disahkan sebagai daftar calon tetap, dan akhirnya sebagai caleg. Untuk itu, pembentukan Kelompok Kerja Pencalonan yang terdiri dari utamanya unsur Pengadilan dan Kejaksaan juga akan dilakukan.

Pada kasus tertentu diperlukan pula unsur dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga di berbagai tingkatan. Sebab, ada kasus dokumen pencalonan berupa ijazah yang perlu dicari tahu keabsahannya. Kemudian, juga soal tantangan verifikasi di mana almamater bacaleg bersangkutan sudah tidak ada lagi.

Berdasarkan lini masa pencalonan legislatif, penggantian nama bacaleg dalam Daftar Calon Sementara (DCS) baru bisa dilakukan mulai Kamis (14/9/2023). Proses penggantian ini dilakukan sebagai bentuk respons parpol terhadap uji publik DCS yang berakhir pada Senin (28/8/2023). 7 ol1

Komentar