nusabali

Apresiasi Bonusnya Setara Atlet SEA Games

  • www.nusabali.com-apresiasi-bonusnya-setara-atlet-sea-games

PHNOM PENH, NusaBali - Staf Khusus Presiden bidang sosial Angkie Yudistia mengatakan Presiden Joko Widodo akan memberikan apresiasi kepada para atlet ASEAN Para Games Kamboja 2023 setara dengan atlet SEA Games.

Keputusan tersebut sebagai bentuk penghargaan bagi para atlet Para Games yang membuat Indonesia meraih hattrick juara umum dalam ajang tersebut.

Ya, Kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023 meraih 159 emas, 148 perak, dan 94 perunggu, dengan total 401 medali. Hasil tersebut membuat Indonesia mencatatkan sejarah juara umum ASEAN Para Games tiga kali beruntun atau hattrick, mulai tahun 2017 di Malaysia, APG 2021 di Solo, dan tahun 2023 ini di Kamboja.

Menurut Angkie Yudistia, hal itu sebagai bentuk apresiasi dan perhatian pemerintah, Bapak Presiden, dan beberapa kementerian atas kerja keras atlet para games yang telah bertanding dan mengharumkan nama bangsa Indonesia.

"Harapan kami adalah para atlet akan bersiap bertanding lagi di event yang lebih tinggi Asian Para Games Hangzhou September mendatang dan Paralimpiade 2024 Paris," kata Angkie di Headquarter Indonesia, di Phnom Penh, Kamboja, Jumat (29/6) malam waktu setempat.

Sementara itu, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Andi Herman senang mendengar kabar baik yang disampaikan Stafsus Presiden Angkie Yudistia terhadap kesetaraan kaum disabilitas.

"Kami mewakili para atlet, para manajer, para pelatih sangat senang dengan apa yang akan pemerintah berikan melalui apresiasi terhadap raihan para atlet di ASEAN Para Games ke-12 yakni sama dengan atlet non-disabilitas yang berlaga di SEA Games Kamboja," ujar Andie Herman.

Menurutnya, ini dapat semakin memacu semangat para atlet disabilitas untuk terus menorehkan prestasi. Apalagi dalam waktu dekat, mereka akan menghadapi Asian Para Games di Hangzhou sekaligus Paralimpiade 2024 Paris.

Dari data Kemenpora soal bonus SEA Games 2023, peraih medali emas perorangan mendapat Rp 525 juta, ganda atau pasangan Rp 420 juta, dan beregu Rp 367,5 juta. Untuk medali perak nomor perorangan Rp 315 juta, ganda atau pasangan Rp 252 juta, dan beregu Rp 220,5 juta.

Sedangkan bonus perunggu nomor perorangan Rp 157,5 juta, ganda atau pasangan Rp126 juta, dan beregu Rp 105,5 juta. ant

Komentar