nusabali

Zona Merah di Tabanan Bertambah Vaksin Rabies Kosong

  • www.nusabali.com-zona-merah-di-tabanan-bertambah-vaksin-rabies-kosong

Dari vaksinasi yang sudah dilakukan di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Tabanan, belum ada yang mencapai 80 persen.

TABANAN, NusaBali 
Stok vaksin rabies pada Hewan Penular Rabies (HPR) di Kabupaten Tabanan dalam kondisi kosong sejak lebih seminggu lalu. Padahal jumlah HPR, khususnya anjing, baru tervaksin 32.444 ekor dari total populasi 62.104 ekor. 

Dinas Pertanian melalui Bidang Ternak sudah melakukan pengajuan vaksin ke Provinsi Bali.   Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tabanan Gde Eka Parta Ariana seizin Kepala Dinas Pertanian Tabanan I Made Subagia mengatakan, pasokan vaksin yang kosong sudah dilakukan pengajuan ke Provinsi Bali.

Dari hasil rapat yang sudah digelar Senin (5/6) lalu, jumlah vaksin yang diamprah sesuai dengan jumlah populasi HPR di Tabanan. "Kekosongan vaksin ada sudah sekitar seminggu, kita sedang menunggu distribusi. Belum tahu kapan karena di Provinsi juga kosong," akunya, Kamis (8/6). 


Kata dia, bila ketersediaan vaksin di Provinsi Bali sudah aman, maka secara bertahap bakal didistribusikan ke Tabanan. Sementara untuk alokasi vaksin untuk pencegahan rabies dari kabupaten memang tidak di anggaran karena sudah menganggarkan untuk penyediaan operasional. "Operasional yang dimaksud itu operasional penyuntikan," katanya. 

Di sisi lain jelas Parta Ariana, di tengah kosongnya ketersediaan vaksin, proses vaksinasi di Tabanan memang belum tuntas. Tiap kecamatan proses vaksinasi belum ada yang menyentuh sampai 80 persen dari jumlah populasi. "Kita makanya sedang menunggu distribusi vaksin, apabila nanti vaksin sudah datang yang diutamakan vaksinasi sampai 80 persen adalah desa zona merah," tegasnya. 

Dan untuk sekarang di Tabanan, desa yang sudah dikategorikan zona merah atau desa yang sempat terjadi kasus gigitan anjing positif rabies ada di enam desa sebagian besar ada di Kecamatan Pupuan. Rinciannya Desa Pajahan, Desa Batungsel,  Desa Belimbing, Desa Kebon Padangan di Kecamatan Pupuan. Kemudian desa Antap di Kecamatan Selemadeg dan Desa Sudimara di Kecamatan Tabanan. "Mudah-mudahan tidak ada kasus baru lagi sehingga desa zona merah tidak bertambah," harap Parta Ariana. 7des

Komentar