nusabali

38.000 Ekor Sapi Menunggu Divaksin

  • www.nusabali.com-38000-ekor-sapi-menunggu-divaksin

TABANAN, NusaBali - Dinas Pertanian Tabanan sudah menuntaskan vaksinasi PMK (penyakit mulut dan kuku) triwulan I untuk 14.000 ekor sapi. Saat ini untuk menuntaskan sekitar 38.000 ekor sapi, Dinas Pertanian masih menunggu vaksin dari pusat.

Pelaksanaan vaksinasi lanjutan ini akan dilakukan pada Mei 2024. Sasarannya 10 kecamatan di Tabanan terutama pada petani yang memiliki sapi lebih banyak. 

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tabanan drh. Gede Eka Parta Ariana menegaskan vaksinasi untuk triwulan I sudah tuntas dilakukan. Jumlahnya sekitar 14 ekor sapi. "Sekarang kita stop dulu vaksinasi, dan akan dilanjutkan nanti bulan Mei," ujarnya Kamis (17/4). 

Disebutkan, vaksinasi lanjutan nanti Tabanan bakal mendapat jatah sebanyak 38.111 dosis yang diajukan untuk hewan sapi. "Drop vaksin ini tidak secara keseluruhan diberikan, namun di drop secara bertahap. Maka kami ini masih menunggu vaksin PMK turun lagi," ungkapnya. 

Saat ini, diakui Parta Ariana, masih nihil ditemukan adanya kasus PMK di Tabanan. Pihaknya selain antisipasi dengan gencar vaksin PMK dilakukan pada 10 kecamatan. Namun juga tetap mengingatkan kepada pemilik hewan ternak berkaki empat untuk selalu menerapkan biosecurity dalam hal kebersihan kandang ternak. 

"Terpenting adalah memberikan pakan atau makanan yang cukup bagi hewan ternak, agar sistem kekebalan tubuh hewan sehat," tandasnya.7des

Komentar