nusabali

Jelang Galungan, Distan Cek Kesehatan Babi

  • www.nusabali.com-jelang-galungan-distan-cek-kesehatan-babi

TABANAN, NusaBali - Menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, Dinas Pertanian Tabanan melalui Bidang Ternak akan menjadwalkan pemeriksaan hewan khususnya babi. Tim pemeriksaan bakal dibentuk 10 orang dengan melibatkan Puskeswan di masing-masing kecamatan.

Di bagian lain, Dinas Pertanian Tabanan memprediksi mendekati Hari Raya Galungan harga per kilogram daging babi di tingkat peternak Rp 40.000. Sebab saat ini harga babi sudah Rp 36.000 - Rp 38.000 per kilogram di tingkat peternak. 

Kepala Bidang Ternak Dinas Pertanian Tabanan Gede Eka Parta Ariana mengatakan pemeriksaan hewan dijadwalkan Senin depan atau 26 Februari 2024. Pemeriksaan dilakukan langsung oleh Puskeswan di masing-masing kecamatan. "Sasaran pemeriksaan jelas kepada tempat titik pemotongan hewan. Jadi Puskeswan sudah mengetahui hal itu," jelasnya, Minggu (18/2). 

Disebutkan, pemeriksaan yang dilakukan terhadap hewan khususnya babi ini ada pada pemeriksaan ante dan post morterm atau pemeriksaan klinis dan pemeriksaan daging. Pemeriksaan dilakukan untuk mencegah adanya daging yang tak layak dikonsumsi. "Biasanya yang kita waspadai adalah cacing hati. Bila ditemukan tentu akan dilarang untuk dikonsumsi," tegasnya. 

Kata Gede Partana dari hasil pemeriksaan yang rutin dilakukan di Tabanan, tidak sampai ditemukan adanya hewan yang dipotong penyakitan. Ini karena masyarakat pemeliharaan sudah bagus. "Biasanya gak ada yang bermasalah karena pemeliharaan kita di Bali umumnya sudah bagus dan baik," katanya. 

Mengenai stok babi, Partana Ariana mengaku mencukupi. Hanya saja pendataan jumlah kebutuhan dan adanya stok masih dihitung. "Stok kita dipastikan cukup. Hanya harga saja diprediksi bakal tembus Rp 40.000 mendekati Galungan," tandasnya.7des

Komentar