nusabali

Patung Bung Karno Jumbo Dibuat di Sebatu, Gianyar

Tinggi 17 Meter dan Lebar Sayap Garuda 11,5 Meter

  • www.nusabali.com-patung-bung-karno-jumbo-dibuat-di-sebatu-gianyar

GIANYAR, NusaBali - Patung Bung Karno raksasa setinggi 17 meter tampak memenuhi showroom Sari Timbul di Banjar Pujung Kaja, Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, Selasa (6/6).

Tampak pula di belakangnya membentang sayap burung Garuda dengan lebar 11,5 meter. Tak kalah menarik, patung ini berbahan kayu jati kualitas super. Inisiator patung ini adalah I Gede Hendra Sujana,19, yang di-support para seniman lainnya. 

Pembuatan patung ini bisa dikatakan sebagai wujud rasa jengah Gede Hendra karena tidak lulus tes polisi.

Pemuda berbadan kekar ini awalnya optimis bisa lolos, namun apa daya dirinya dinyatakan tidak lolos tes. Setelah gagal ikut tes menjadi anggota Polri, Gede Hendra memutuskan untuk menekuni dunia seni.

"Dulu pernah ikut tes rekrutmen anggota Polri, tapi tak lulus," ungkap pemuda kelahiran Buleleng yang dibesarkan di Gianyar ini. 

Gagal tes ini pun sempat membuatnya sedikit bingung dengan masa depannya, namun sang ayah I Gede Rediawan yang juga pelaku seni terus memberikan motivasi terutama terkait pengabdian untuk negara. Rasa kecewa inilah yang dialihkan menjadi rasa jengah untuk tetap bisa mengabdi.


"Orangtua terus memotivasi bahwa mengabdi untuk negara tidak mesti menjadi pejabat negara, kita juga bisa wujudkan pengabdian lewat seni", pesannya.

Motivasi ayahnya pun terbukti membuat semangat baru bagi Gede Hendra, untuk mengabdikan diri untuk negara lewat seni.

Dalam kurun waktu tiga tahun ke depan, dia bersama teman-temannya akan mewujudkan karya monumental berupa Patung Bung Karno raksasa rencana ukuran tinggi 17 meter dan lebar bentangan sayap garuda 11,5 meter. "Ini ditarget selesai dalam waktu tiga tahun, dan saat ini baru tergarap 20 persen saja," jelasnya.

Patung ini menggunakan bahan kayu jati pilihan dengan kualitas super hingga diharapkan dapat bertahan hingga puluhan bahkan ratusan tahun. Jenis kayu jati ini juga didatangkan dari berbagai wilayah penghasil kayu jati berkualitas.

"Kami menggunakan kayu jati pilihan untuk mewujudkan hasil karya monumental berkualitas," tambahnya. 

Gede Hendra Sujana, kini juga menginspirasi teman-temannya untuk bisa berkarya dan mengabdi dari berbagai bidang. Ada harapan semoga dengan karya ini memberikan motivasi buat generasi muda untuk selalu ingat perjuangan para pahlawan dan meningkatkan rasa cinta terhadap bangsa. *nvi

Komentar