nusabali

Airbus A380-800 Melayani Rute Dubai-Bali-Dubai Secara Reguler

Imigrasi Tambah Personel di Konter Pemeriksaan

  • www.nusabali.com-airbus-a380-800-melayani-rute-dubai-bali-dubai-secara-reguler

MANGUPURA, NusaBali - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Ngurah Rai menambah personel di konter pemeriksaan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta.

Penambahan personel itu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, terlebih mulai 1 Juni 2023 Pesawat Airbus A380-800 yang dioperasikan maskapai Emirates, resmi menggantikan Pesawat Boeing 777-300ER yang digunakan sebelumnya untuk melayani rute Dubai-Bali-Dubai.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ngurah Rai Sugito, mengatakan kedatangan pesawat berbadan jumbo itu akan membawa ratusan penumpang setiap harinya. Atas kondisi itu, pihaknya mengambil langkah dengan penambahan personel yang melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian di Terminal Kedatangan Internasional. Apalagi, kedatangan Airbus A380-800 yang dijadwalkan terbang regular ini berbarengan dengan kedatangan wisatawan lainnya.

“Airbus A380 ini datang setiap hari di jam krodit (pukul 16.00 Wita), yang mana ada juga pesawat yang mengangkut wisatawan lainnya tiba di jam yang sama. Maka, kita lakukan penambahan personel di lapangan,” ujar Sugito, Jumat (2/6).

Dicontohkan Sugito, pada kedatangan perdana Airbus A380 milik maskapai Emirates ini mengangkut 482 wisatawan pada pukul 16.35 Wita. Kemudian, pada jam yang sama, juga masuk penerbangan dari maskapai lainnya, sehingga total wisatawan masuk sekitar 1.500 penumpang. Melihat kondisi itu, pihaknya pun mengerahkan sebanyak 48 personel untuk pemeriksaan dokumen keimigrasian. 

“Total ada belasan konter pemeriksaan yang disediakan di terminal kedatangan internasional. Ada 48 petugas kita yang standby di konter untuk memeriksa dokumen keimigrasian para wisatawan itu,” jelas Sugito sembari menyebut dengan penyediaan belasan konter dan puluhan petugas itu bisa mencegah adanya kekroditan di area pemeriksaan.

Masih menurut dia, pelayanan yang optimal kepada penumpang pesawat tersebut akan berdampak pada kepercayaan wisatawan saat berkunjung ke Pulau Dewata. “Seluruh petugas pemeriksaan telah disiapkan dan siap memeriksa penumpang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku,” tegasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data operator PT Angkasa Pura I, Bandara Ngurah Rai melayani penerbangan komersial reguler rute Dubai-Bali-Dubai yang dioperasikan Emirates dengan frekuensi dua penerbangan setiap hari.

Dua penerbangan tersebut sebelumnya dioperasikan Emirates dengan menggunakan Pesawat Tipe Boeing 777-300ER.

Dengan beroperasinya Pesawat Airbus A380-800 tersebut, mulai 1 Juni 2023 Airbus A380-800 resmi menggantikan salah satu Pesawat Boeing 777-300ER untuk melayani rute Dubai-Bali-Dubai. Bandara Ngurah Rai resmi menjadi salah satu dari 53 bandara di dunia yang melayani penerbangan komersial reguler menggunakan Airbus A380.

Bandara Ngurah Rai mencatat hingga saat ini dilayani 13 maskapai domestik dan 36 maskapai internasional yang melayani 29 rute internasional dengan rata-rata penumpang harian mencapai 30.133 orang dan 166 pergerakan pesawat.

Selama Januari-April 2023, salah satu bandara tersibuk di Tanah Air ini melayani enam juta penumpang. Sebanyak 3,2 juta orang di antaranya penumpang internasional dan sisanya 2,8 juta orang adalah penumpang domestik. 7 dar, ant

Komentar