nusabali

Krama Desa Tegal Mengkeb Buru Ular King Kobra

Berikan Rasa Aman Jelang Karya Ngenteg Linggih

  • www.nusabali.com-krama-desa-tegal-mengkeb-buru-ular-king-kobra

TABANAN, NusaBali - Krama Desa Adat Bongan, Desa Tegalmengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur sedang memburu habitat ular king kobra di wilayahnya. Ini dilakukan agar masyarakat tak resah melakukan aktivitas mencari bambu jelang upacara Ngenteg Linggih di Pura Puseh desa adat setempat.

Perburuan ular king kobra ini langsung mendatangkan pawang ular dari Kecamatan Marga sebanyak 6 orang. Hasilnya ada 4 ekor ular yang sudah ditangkap dengan masing-masing memiliki panjang sekitar 3 meter. 

Perbekel Desa Tegal Mengkeb I Dewa Made Widarma mengatakan penangkapan ular king kobra ini untuk memberikan rasa aman jelang Karya Ngenteg Linggih di Pura Puseh Desa Adat Bongan. "Krama nanti akan banyak mencari bambu di sekitaran desa, biar mereka tidak resah dan takut," ujarnya, Kamis (1/6). 

Disebutkan dari hasil perburuan menyasar seluruh Desa Tegal Mengkeb, sudah ada 4 ekor yang yang ditangkap. Satu ekor ular ditangkap Rabu (30/5) yang masuk wilayah Pura Puseh. "Total sudah empat ekor yang ditangkap, panjangnya sekitar 3 meter dan besar sekali," akunya. 

Karena meresahkan serta informasi dari pawang ular masih ada habitatnya maka perburuan ular akan dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Artinya begitu ada informasi dari masyarakat tim kembali akan ditangkan. "Kebetulan yang ditangkap ini betina, lalu dari informasi pawang ular habitatnya masih ada karena yang betina ini diperkirakan sudah bertelur," kata Widarma. 

Menurutnya, penangkapan yang dilakukan tim buru ini tidak kesulitan. Karena mereka telah memiliki skil yang baik. "Tidak ada sulit mereka nampaknya sudah mahir. Dan mudah-mudahan setelah ditangkap sejumlah ular ini perkembangbiakannya sedikit dan warga tidak resah. Memang selama ini belum pernah ada warga yang digigit," tandasnya. 7des

Komentar