nusabali

Satpol PP Tangkap Ular dan Monyet Liar

  • www.nusabali.com-satpol-pp-tangkap-ular-dan-monyet-liar

GIANYAR, NusaBali - Selain berurusan dengan penertiban dan pemadaman kebakaran, Satpol PP Kabupaten Gianyar juga punya tugas penyelamatan tambahan.

Masyarakat sering meminta bantuan personel Satpol PP untuk menangkap ular masuk rumah hingga monyet liar. Kasatpol PP Kabupaten Gianyar I Made Watha mengatakan, tugas penyelamatan ini datangnya tak terduga. 

Bisa pagi, siang, bahkan malam. Maka dari itu, personel selalu siaga. "Kami tangkap untuk menciptakan rasa nyaman masyarakat, demi Gianyar aman," ungkap Made Watha, Senin (22/5).

Penangkapan ular baru-baru ini dilakukan di sekolah muslim dekat TMP Gianyar. Sementara penanganan monyet liar sebuah perusahaan di kawasan Jalan Bypass IB Mantra.

Terhadap laporan masyarakat tersebut diatensi dengan menerjunkan personel Pemadam Kebakaran masing-masing kecamatan, maksimal 6 orang. Ular-ular yang berhasil diamankan tidak serta merta dieliminasi. Melainkan dikembalikan ke habitatnya. "Kami kembalikan ke habitatnya, terutama aliran sungai besar. Karena sesuai ajaran Agama Hindu, Ahimsa itu tidak boleh membunuh," terang Made Watha. 

Di samping ular dan biawak, Satpol PP juga pernah menangani serangan tawon di rumah warga. "Penanganan ular, tawon, dan alu sebagai tugas tambahan penyelamatan," imbuh Made Watha. 7 nvi

Komentar