nusabali

BI Gelar Layanan Kas Keliling di Kuta

  • www.nusabali.com-bi-gelar-layanan-kas-keliling-di-kuta

Untuk memenuhi kebutuhan uang kartal masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, Bank Indonesia (BI) melakukan layanan kas luar kantor (kas keliling) di Central Parkir Kecamatan Kuta, Rabu (14/6). 

MANGUPURA, NusaBali
Asisten Manager Unit Pengelolaan Uang Rupiah Tofik Hidayat, mengatakan, pada layanan kas keliling yang dilakukan di Kuta, BI bekerja sama dengan sejumlah bank seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, Permata, CIMB Niaga, BPD Bali, Maybank, Bank BJB, dan Bank Muamalat.

Hidayat menjelaskan, dalam layanan kas keliling ini BI menyiapkan uang kartal sebanyak Rp 4.400.000 untuk masing-masing orang. 

“Bagi masyarakat yang tak sempat menukarkan uang pada kas keliling ini, bisa langsung mendatangi bank masing-masing. Untuk kegiatan penukaran di sini (central parkir) kami laksanakan sampai 16 Juni,” tuturnya.

Selain melalui layanan kas keliling, menurut Hidayat, layanan luar kantor juga dilakukan melalui 52 bank umum sejak 12 – 23 Juni. 

“Jumlah loket perbankan yang tersedia sebanyak 118 lokasi yang tersebar di seluruh Bali. Jumlah loket layanan ini meningkat 88 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 98 loket. Untuk pemerataan penukaran maksimal penukaran hanya Rp 4,4 juta per orang,” imbuhnya.

Hidayat menjelaskan proyeksi kebutuhan tunai di masyarakat menjelang Idul Fitri sebesar Rp 3,17 triliun. Uang pecahan besar sebanyak Rp 2,98 triliun dan uang pecahan kecil sebesar Rp 184 miliar. “Jumlah ini meningkat sebesar 11,8 persen dari tahun 2016. Kenaikan ini dipengaruhi oleh beberapa factor, di antaranya jumlah hari libur Lebaran tahun ini lebih banyak,” kata Hidayat. *cr64

Komentar