nusabali

BNPT Tabanan Hanya 14.071 Penerima

  • www.nusabali.com-bnpt-tabanan-hanya-14071-penerima

TABANAN, NusaBali - Jumlah penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) di Tabanan tahun 2023 menurun. Dari hasil kroscek data yang dilakukan Dinas Sosial Tabanan, penerima mencapai 14.071 orang. Pencairan pun sedang berlangsung.

Penerima disebut menurun jika dilihat dari tahun 2022 sebelumnya penerima mencapai 23.182 orang. Banyak faktor menyebabkan penerima manfaat menurun salah satunya karena sudah meninggal hingga perekonomian di keluarga sudah mulai mapan. 

Kepala Dinas Sosial Tabanan I Nyoman Gede Gunawan mengatakan penurunan jumlah penerima hasil dari kroscek data yang dilakukan sampai ke desa. Sehingga tahun 2023 jumlah penerima manfaat mencapai 14.071.

"Memang jumlah menurun karena banyak faktor, ada yang sudah meninggal hingga perekonomian sudah mapan sehingga sudah lepas untuk menerima bantuan dari pemerintah," ujarnya belum lama ini. 

Disebutkan untuk tahap penerimaan bantuan ini sedang berlangsung pencarian. Untuk pencarian triwulan satu sudah disalurkan ke rekening penerima. "Sudah proses pencairan. Ada yang dicairkan lewat pos maupun bank himbara. Masing-masing penerima, mendapat Rp 200.000 per bulan," tambah Nyoman Gunawan. 

Sementara itu terpisah Kepala Kantor Pos Tabanan Furkhan menyatakan tahun 2023 ada 1.296 penerima sembako dan PKH (Program Keluarga Harapan). "Posisi sampai dengan hari ini (kemarin) sudah 85,03 atau sebanyak 1.102 penerima yang dicairkan untuk manfaat triwulan II," tegasnya, Rabu (24/5) 

Dalam proses pencairan ini, jelas Furkhan, penerima datang langsung ke Kantor Pos sesuai dengan yang sudah dijadwalkan tiap desa. "Penerima datang langsung kecuali yang berhalangan hadir karena sakit atau disabilitas langsung dilakukan layanan door to door," katanya. 7des

Komentar